Desain dan Implementasi Spektograf Untuk Menampilkan Spektogram Warna dari Suara Paru-Paru

Heisa Nugraha

Informasi Dasar

111030236
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini, telah banyak dilakukan penelitian yang memfokuskan mengenai sistem respirasi manusia, khususnya untuk pengembangan dalam bidang biomedical instrument. Dengan kemampuan digitalisasi, pengembangan teknologi lebih difokuskan untuk menghapuskan masalah yang timbul akibat metode proses auskultasi manual. Hal ini disebabkan karena metode auskultasi manual memiliki banyak keterbatasan, diantaranya yaitu kepekaan telinga, pola suara yang sulit untuk di bedakan, analisis yang bergantung pada pengalaman dan kemampuan seseorang serta noise lingkungan yang mengganggu.
Tugas akhir ini secara khusus akan membahas mengenai desain dan implementasi spektograf yang menampilkan bentuk dari spektogram warna (color frequency spectrum). Desain yang dirancang terdiri dari stetoskop elektronik yang terhubung dengan sound card dan PC yang berfungsi sebagai media processing signal. Suara paru-paru yang terekam melalui soundcard kemudian diolah secara digital dengan menggunakan bantuan Microsoft Visual C++.
Hasil Implementasi dari software tersebut berupa tampilan GUI (Graphic User Interface) yang berfungsi untuk mengontrol hasil keluaran. GUI ini juga dilengkapi dengan beberapa parameter, seperti: frekuensi sampling, bits per sample dan point DFT. Kemudian output yang dihasilkan dari perancangan ini adalah sinyal suara yang terbentuk dalam domain waktu dan domain frekuensi yang berlangsung secara real time. Khusus untuk sinyal pada domain frekuensi, bentuk spektrum yang dihasilkan diimplementasikan dalam warna yang mengindikasikan besarnya magnitude.
Kata Kunci : biomedical instrument, auskultasi, spektogram warna, GUI, real timeABSTRACT: Now, there are many research have been done focused on human respiration system especially in development of biomedical instrument subject. With digitalization technology, research is more focused on how to eliminate the problems which are occurred cause of manual auscultation method. It can be happen because manual auscultation methods have many limitation such as ear sensitivity, sound pattern which is difficult to be distinguished, analysis based on experience and human ability, and of course environment noise.
This final project aims to discuss about design and implementation spectrograph for represent shape of color spectrogram (color frequency spectrum). Design which is planed consists of electronic stethoscope which is connected on sound card and PC as media of processing signal. Lung sound which is recorded through sound card will be processed on digitalization using Microsoft Visual C++.
The result from this implementation displays GUI (Graphic User Interface) as tool to control the output. It is also equipped of some parameters such as frequency sampling, bits per sample and points DFT. The outputs which are resulted are sound signal in time domain and frequency domain and also this system is built on a real time. Especially for frequency domain signal, the spectrum will be implemented on color shape which indicates the power of magnitude.
Keyword: biomedical instrument, auscultation, color spectrogram, GUI, real time

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Desain dan Implementasi Spektograf Untuk Menampilkan Spektogram Warna dari Suara Paru-Paru
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Heisa Nugraha
Perorangan
Achmad Rizal, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini