OPTIMASI JARINGAN RADIO 3G UMTS DI PT.EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk. MEDAN

IQBAL MIZAR NST

Informasi Dasar

111030219
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dunia teknologi komunikasi informasi di Indonesia sekarang ini memasuki babak baru dengan kehadiran teknologi 3G UMTS (3rd Generation Universal Mobile Telecomunication System) atau yang lebih dikenal dengan WCDMA. Perkembangan teknologi WCDMA diharapkan mampu mengakomodasi berbagai macam layanan paket data berkecepatan tinggi pada jaringan dan alokasi frekuensi yang telah ada. Untuk itu pada penerapan jaringan WCDMA diperlukan perancangan yang sangat matang dan optimasi jaringan sehingga dapat menghasilkan jaringan yang optimal dan menguntungkan. Pada tugas akhir ini akan dibuat optimasi jaringan yang dibatasi pada KPI (Key Performance Indicators) dan network tuning. Proses pengerjaan difokuskan di Medan yang diwakili atas dua kondisi yaitu daerah urban dan sub urban.
Untuk melengkapi kegiatan ini dan untuk memecahkan permasalahan yang ada pada Tugas Akhir ini, penulis mengoptimasi jaringan yang dikhususkan pada KPI (Key Performance Indicators) seperti Call setup, handover, drop call. Penulis menggunakan data-data yang diperoleh dari operator Excelcomindo Pratama Tbk Medan yang sedang menerapkan jaringan berbasis WCDMA saat ini.
Hasil yang diharapkan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah diperoleh suatu system jaringan WCDMA yang optimal baik dari segi perangkat jaringan yang digunakan maupun dari segi bisnis komunikasi bergerak di daerah Medan.Kata Kunci : -ABSTRACT: Technology of communication information in Indonesia now is entering new act by becoming 3G UMTS (3rd Generation Universal Mobile Telecommunication System) or which familiar is WCDMA. Technology development of WCDMA expectable to accommodate all of high packet data rate service and existing frequency allocation. For assembling WCDMA network was needed the perfect planning and network optimization, so that can make an optimal networks and give advantage. In this research will be made network optimization that limited by KPI (Key Performance Indicator) and network tuning. This research focuses in Medan which included urban area and suburban area.
To complete this research and to solve the problem for this research, the writer optimized network especially for KPI (Key Performance Indicator) such as call setup, handover, and drop call. The writer is using data from PT. Excelcomindo Pratama Tbk, Medan which construct WCDMA network.
The result for this research is having a WCDMA network optimization which is use of equipment and business communications in Medan.Keyword: -

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

OPTIMASI JARINGAN RADIO 3G UMTS DI PT.EXCELCOMINDO PRATAMA Tbk. MEDAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBAL MIZAR NST
Perorangan
Kris Sujatmoko, Nachwan Mufti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini