PERENCANAAN DAN ANALISA PENEMPATAN BASE STATION WCDMA DI DENPASAR

I PUTU DODI IRAWAN

Informasi Dasar

111030218
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada awal abad 21 teknologi komunikasi wireless sudah memasuki generasi ketiga.Dimana teknologi komunikasi saat tersebut harus memenuhi persyaratan diantaranya service yang bersifat global dan portable.Melalui teknologi ini seseorang bisa melakukan: telepon,sms,mms,faximili,video conference,video streaming dan koneksi internet dengan kecepatan tinggi.Menurut standar baik dari Eropa,Jepang maupun USA maka teknologi diatas dikenal dengan istilah IMT-2000 atau UMTS (Universal Mobile Telecomunication System).Dalam tugas akhir ini akan dibahas perencanaan dan analisa penempatan base station WCDMA di Denpasar.
Dari sisi perencanaan kita bisa mengetahui perhitungan link budget pada arah uplink dan downlink,perhitungan kapasitas trafik per sel, perhitungan radius sel dengan loading factor tertentu dan banyaknya site yang diperlukan untuk mengcover area layanan.Dari sisi analisa penempatan kita akan melihat penempatana base station agar mendapat area cakupan yang optimal sesuai dengan kapasitas dan topologi areanya. Untuk mempermudah analisa penempatan base station, maka kita akan menggunakan software Mapinfo, Google earth dan RPS (Radiowave propagation Simulator). Setelah mendapat banyaknya site beserta jari-jarinya, kita akan melakukan perkiraan penempatan base starion pada Mapinfo. Perkiraaan penempatan akan mempertimbangkan daerah urban dan suburban berdasarkan data kepadatan penduduk dan struktur bangunannya. Setelah didapat perkiraan penempatan pada Mapinfo,maka hasil penempatan tersebut akan diplot ke dalam Google earth. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan alamat dan plot bangunan disekitar site. Setelah didapat plot bangunan disekitar site, maka akan dilakukan simulasi dengan RPS. Dalam simulasi ini kita akan melihat pengaruh bangunan dan obsatacle di sekitar site terhadap kualitas penerimaan, level SIR pada penerima dan best server transmitter.Kata Kunci : -ABSTRACT: In the beginning 21st century wireless communications already declare as third generation. During this time communications technology must have criteria global services and portable. Using this technology we can do : telephone, sms, mms, facsimile, video conference, video streaming and internet connection with high speed data rate. According standard from Europe, Japan and USA this technology known as IMT-2000 or UMTS (Universal Mobile Telecommunication System). In this final project we will discuss about planning and analysis WCDMA base station appointment in Denpasar.
From planning side we will know about link budget calculation in forward and reverse link, calculation traffic capacity for each site, decide site radius with certain loading factor and number of site will needed to cover service area. From appointment analyze, we will see base station position to get optimal coverage area based on capacity and area topology. To make analyze base station appointment simpler, we need use MapInfo software, Google earth and RPS (Radio wave Propagation Simulator). After we get result how many site and radius for each site, we will approximate base station appointment using MapInfo software. Site appointment will consider urban and suburban area based on inhabiting density and building structure. After we get approximate appointment in MapInfo, we will export this plot to Google Earth. This step have purpose to get address and obstacle plot in surrounding site. After we get obstacle plot in surrounding site we will simulate this plot use RPS. In RPS simulation we will see effect obstacle and building in surrounding site concern to receive signal quality, SIR level and best server transmitter.Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERENCANAAN DAN ANALISA PENEMPATAN BASE STATION WCDMA DI DENPASAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I PUTU DODI IRAWAN
Perorangan
Arfianto Fahmi, Kris Sujatmoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini