BIOMETRIKA TELINGA UNTUK MENGENALI INDIVIDU DENGAN EKSTRAKSI CIRI MENGGUNAKAN METODE GEOMETRIS

GALIH BAYU SATRIYA

Informasi Dasar

111030208
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi biometrika telinga merupakan salah satu alternatif lain dalam pengenalan biometrik yang menggunakan karakteristik fisik alami manusia. Aplikasi tersebut digunakan untuk identifikasi diri seseorang. Biometrika telinga memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan pengenalan wajah, diantaranya memiliki distribusi warna yang uniform dan tidak mengalami perubahan yang disebabkan oleh perubahan ekspresi wajah dan usia. Bentuk telinga yang lebih kecil dibandingkan wajah memungkinkan sistem identifikasi dapat bekerja lebih cepat dan efisien.
Metode yang digunakan adalah metode geometris untuk mengekstraksi ciri-ciri unik pada daun telinga manusia. Metode ini berdasarkan pada analisis jarak kontur daun telinga terhadap titik acuan ( centroid ). Proses ekstraksi ciri akan menghasilkan vektor ciri yang digunakan dalam proses identifikasi. Unjuk kerja sistem dinyatakan dengan tingkat akurasi dalam pencocokan data yang diuji terhadap data yang telah dilatih.
Beberapa nilai parameter dari sistem diatur untuk mendapatkan hasil yang optimal. Hasil pengujian sistem telah dianalisis dan dievaluasi sehingga didapatkan sistem dengan tingkat akurasi yang tinggi.
Kata Kunci : biometrik, kontur daun telinga, centroid, metode geometrisABSTRACT: Ear biometric technology is another alternative way to recognize that use physical characteristic of human. That application used to identify someone. Ear biometric has many advantage if compared with the face recognition, such as has uniform colour distribution and doesn’t change that caused by face expression and age. Identification system can work fast and more efficient because shape of ear is smaller than face.
Geometric method is used to extract unique features from concha. This method is based on radius analysis concha toward a centroid. The feature extraction process will obtain feature vector that used for identification process. The performance of system is measured with accuracy level for matching the testing data toward the training data.
Some parameter value is regulated to obtain a optimal result. The result of testing system has analyzed and evaluated until obtained the system with high accuracy level.
Keyword: biometric, contour of concha, centroid, geometric method

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

BIOMETRIKA TELINGA UNTUK MENGENALI INDIVIDU DENGAN EKSTRAKSI CIRI MENGGUNAKAN METODE GEOMETRIS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GALIH BAYU SATRIYA
Perorangan
Achmad Rizal, Gelar Budiman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini