ANALISA PERFORMANSI OGG THEORA PADA JARINGAN LAN dan W-LAN

ANDREISYAH

Informasi Dasar

111030198
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Video merupakan media yang penting untuk komunikasi dan hiburan. Dengan teknologi yang ada telah terjadi revolusi pada kompresi dan komunikasi video. Perkembangan teknik kompresi yang ada memberikan peningkatan dalam teknik penyebarkan video, salah satunya dengan jalan video streaming. Namun, karena adanya keterbatasan bandwidth dan kendala lainnya maka diperlukan suatu teknik kompresi video yang mampu memberikan kualitas video yang bagus dengan bit-rate rendah. Salah satu teknik kompresi video yang ada adalah Ogg Theora.
Pada tugas akhir ini digunakan Ogg Theora sebagai teknik kompresi dan konteiner Ogg pada aplikasi video streaming. Kemudian dilakukan simulasi streaming video pada jaringan LAN dan W-LAN. Pada jaringan LAN dilakukan penstreaming- an antar gedung E dengan gedung C dan SC. Sedangkan pada jaringan WLAN dilakukan streaming video dalam keadaan LoS dan Non LoS serta dalam jarak yang berbeda – beda. Pengukuran dilakukan sebanyak 10 kali.
Dari hasil pengukuran throughput dan packet lost, diketahui bahwa performansi pengkodean Ogg Theora pada jaringan LAN dan W-LAN menunjukan hasil yang lebih baik. Dan dari hasil pengukuran delay dan jitter, diketahui Ogg Theora menghasilkan nilai yang paling besar dibandingkan H264 dan MPEG-4 khususnya pada jaringan W-LAN. Sedangkan pada jaringan LAN, Ogg theora menghasilkan delay dan jitter yang lebih kecil daripada H264 dan MPEG-4. Walaupun bersifat open source Ogg Theora cukup mampu untuk disejajarkan dengan standar yang sudah ada.
Kata Kunci : Theora, kompresi, video streaming, Ogg, LAN, W-LAN.ABSTRACT: Video is an important media for communication and entertainment. With the technologies now days, revolution is occur in video compression and communication. Development in compression technique give escalation on spreading a video, one of the ways is by streaming video. But, because of lack of bandwidth and other obstacle so it is need some video compression technique that can give a good video quality with low bit-rate. One of the video compressions that exist is Ogg Theora.
In this final project, Ogg Theora was used as the compression technique and Ogg as the container in streaming a video. Then, streaming video simulation tried on LAN and W-LAN. Simulation on LAN the streaming occurred between building E and C and SC. While on W-LAN simulation occurred in LoS and Non LoS condition with different distances. Performance measurement will be taken in 10 times for each scenario.
From the measurement result of throughput and packet loss show that performance of Ogg Theora on LAN and W-LAN is good. And from the measurement result of delay and jitter, Ogg Theora gives the biggest result than H264 & MPEG-4 especially on W-LAN. While on LAN, Ogg Theora gives delay and jitter result the smallest than H264 & MPEG-4. Although Ogg Theora is an open source, it can be equal to the standards that already exist.
Keyword: Theora, Ogg, compression, streaming video, LAN, W-LAN.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISA PERFORMANSI OGG THEORA PADA JARINGAN LAN dan W-LAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDREISYAH
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, R. Rumani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini