Analisis Penggunaan TFRC Dalam Download Data Secara Simultan Pada Sistem HSDPA

Ivan Martha Ertanto

Informasi Dasar

111030192
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan diperkenalkannya sistem HSDPA kepada publik akhirakhir ini, trafik data yang berlalu-lalang melalui jaringan wireless mobile meningkat secara signifikan. Hal ini berhubungan oleh banyaknya aktifitas download dan streaming dari pengguna yang tidak ingin ketinggalan untuk memanfaatkan layanan broadband wireless ini. Dan sudah tidak asing bagi kita bahwa aktifitas download data selalu disandingkan dengan protokol TCP dan untuk data multimedia digunakan RTP ataupun UDP.

The Real-time Transport Protocol (RTP) mendefinisikan sebuah paket standar format untuk pengiriman audio dan video melalui Internet. Hal ini dikembangkan oleh Audio-Video Transport Working Group dari IETF dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1996 sebagai RFC 1889, dan digantikan oleh RFC 3.550 pada tahun 2003. Namun RTP mempunyai kekurangan apabila sedang bersandingan dengan TCP. Mereka cenderung bersaing dalam menggunakan bandwidth didalam koneksi yang tersedia.

Dari beberapa solusi yang telah diajukan untuk menanggulangi kekurangan RTP pada media wireless, TFRC merupakan salah satu alternatif yang pantas diajukan untuk diuji. Dengan menggunakan equation-based rate control, TFRC diharapkan dapat mengurangi tingkat fluktuasi pada sebuah koneksi RTP dan meningkatkan throughput pada koneksi.

Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa TFRC mampu meningkatkan perolehan throughput ketika terdapat ACK compression serta packet loss pada jaringan HSDPA. Akan tetapi ada beberapa simulasi yang tidak mengalami perubahan seperti pada saat keadaan bad state, rata-rata throughput dan packetloss pada TFRC maupun RTP bernilai konstan. Pada keadaan multiple user dan source, TFRC sedikit mengalami penurunan seiring bertambahnya user, walaupun begitu nilai yang didapat masih cukup baik.Kata Kunci : TFRC, HSDPA, RTP,VoIPABSTRACT: Along with the introduction of HSDPA system to the public in recent years, data traffic passing through mobile wireless networks has increased significantly. This is related by the number of downloads and streaming activities of users who do not want to be left behind to take advantage of this wireless broadband service. And is not foreign to us that download activity is always get along with the TCP protocol for data and multimedia use RTP or UDP.

The Real-time Transport Protocol (RTP) defines a standard packet format for audio and video delivery over the Internet. It is developed by the Audio-Video Transport and the Working Group of the IETF was first published in 1996 as RFC 1889, RFC 3550 and replaced by the year 2003. However, RTP has a shortage whenever they are get along with TCP. They tend to compete in using the available bandwidth in the connection.

Of the several solutions have been proposed to overcome the shortage of RTP on wireless media, TFRC is one proposed alternative that deserves to be tested. By using equation-based rate control, TFRC is expected to reduce the level of fluctuations on an RTP connection and increase the friendliness between connections.

From the research results are obtained that can improve the acquisition thoughput TFRC when there is ACK compression and packet loss on the HSDPA network. However there are some simulations that have not undergone such changes during bad state of the state, the average throughput and packetloss on TFRC and RTP is constant. In the state of multiple users and sources, TFRC has a very good improvement in the obtained throughput, even though it has a decrease.Keyword: TFRC, HSDPA, RTP,VoIP

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Penggunaan TFRC Dalam Download Data Secara Simultan Pada Sistem HSDPA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ivan Martha Ertanto
Perorangan
R. Rumani, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini