Efek Mobilitas User Terhadap Performansi Jaringan Wireless LAN IEEE 802.11b Untuk Mendukung Layanan Interaktif

Dyah Mei Sulistyowati

Informasi Dasar

111030191
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi Wireless LAN (local Area Network) sekarang ini telah menjadi suatu teknologi wireless access yang umum dipakai untuk mobile computing. Teknologi ini menawarkan kecepatan data dan efisiensi yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi interaktif, seperti VoIP dan Video Call. Dengan menggunakan metode pengalamatan multicast dapat mengurangi beban bandwidth dari suatu jaringan dan dapat meningkatkan kualitas aplikasi multimedia. Standar wireless IEEE 802.11b memberikan data rate 11 Mbps dan spektrum frekuensi 2,4 GHz, standar ini cocok digunakan untuk jaringan dengan bandwidth yang kecil.
Semakin banyak user yang melakukan mobile pada saat mengakses suatu layanan akan mempengaruhi kualitas akses yang user terima. Selain itu, semakin banyaknya jumlah user yang mengakses jaringan wireless maka akan mempengaruhi performansi jaringan tersebut. Turunnya performansi jaringan terlihat jelas karena pertambahan user secara bertahap dan pembangkitan background trafik pada jaringan.
Tingginya mobilitas user yang membutuhkan layanan, menuntut tersedianya jaringan yang fleksibel dan efisien. Jarak antara user dengan Access Point juga akan mempengaruhi kualitas layanan yang diterima oleh user.
Tugas Akhir ini melakukan analisa efek mobilitas user terhadap performansi jaringan wireless untuk mendukung layanan interaktif. Perbandingan efek mobilitas user dilakukan antara jaringan yang mempunyai user yang diam dengan jaringan yang mempunyai user yang mobile, dimana jumlah user berubah menjadi lebih banyak dari tiap pengamatan, dan dibangkitkan background trafik untuk melihat perubahan performansinya.
Hasil pada tugas akhir ini bahwa performansi jaringan dipengaruhi oleh banyaknya user yang mengakses jaringan, besarnya background trafik yang dibangkitkan, dan mobilitas user yang tinggi. Nilai throughput turun jika jumlah user yang mengakses semakin besar, background trafik dibangkitkan dan mobilitas user naik. Nilai delay dan jitter akan naik jika jumlah user meningkat, background trafik dibangkitkan dan mobilitas user yang semakin tinggi.
Kata Kunci : -ABSTRACT: In this era of Information and Communication Technology (ICT), wireless LAN (Local Area Network) technology now has become more applicative for mobile computing. This technology offer speed data access and efficiency for interactive application, such as VoIP and Video Call. With the method of multicast addressing, it can reduce Bandwidth (BW) overload in network and increase QoS. There are several wireless standards known, one of them is IEEE 802.11b. This wireless standard has benefit in network that has small BW. It has 11 Mbps of data rate and 2,4 GHz of frequency spectrum.
In access a service, the number of user will affect the Quality of Service (QoS) and network performance.
The simplicity of build a network, easy installation, and high mobility access are the advantages of using wireless technology than wired (LAN). But the disadvantage is it is not stabile for big network.
This Final Task will do the simulation and analysis of effect from user mobility toward wireless network performance for support interactive services. It will compare between static user with mobile user. Which is the number of user will be difference from each observe. To see the performance, the background of traffic generator will be used.
The result of this Final Task that the number of user, the background traffic, and user mobility was effect the network performance. Throughput value will be decrease if the number and mobility of user increasing, and the background traffic generator used. Delay and jitter value will be increase if the number and mobility of user increasing, and the background traffic generator used
Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Efek Mobilitas User Terhadap Performansi Jaringan Wireless LAN IEEE 802.11b Untuk Mendukung Layanan Interaktif
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dyah Mei Sulistyowati
Perorangan
Ida Wahidah, Hafidudin
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini