PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA DOUBLE-RIDGED HORN PADA FREKUENSI 2300 MHz – 2400 MHz

Fendy Mustofa Ahmad

Informasi Dasar

111030148
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi telekomunikasi semakin pesat, hal ini menuntut adanya peningkatan spesifikasi perangkat yang mendukung teknologi – teknologi baru yang dikembangkan. Salah satu perangkat yang menentukan performansi jaringan radio adalah antena sebagai bagian utama dari transmisi radio. Antena tersebut harus memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan seperti coverage, kapasitas, frekuensi kerja, bandwidth dan VSWR yang kompatibel.
Salah satu perkembangan teknologi telekomunikasi wireless saat ini adalah teknologi WiMAX yang menggunakan frekuensi 2,3 dan 3,5 GHz. WiMAX merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Karakteristik ini menuntut adanya inovasi perangkat seperti antena WiMAX yang dapat bekerja pada frekuensi kerja 2,3 dan 3,5 GHz dengan jangkauan luas dan VSWR ≤ 1,5 serta memiliki gain yang besar.
Dalam tugas akhir ini akan dirancang dan diimplementasikan suatu modifikasi antena Horn dengan jenis antena DRH (Double-Ridged Horn). Antena DRH banyak digunakan di dunia telekomunikasi karena memiliki kehandalan, kemudahan penggunaan, desain yang sederhana, performansi gain dan direktivitas yang tinggi. Pada umumnya konfigurasi double ridge horn bertujuan untuk meningkatkan performansi bandwidth dan polaradiasi. Antena DRH yang dirancang bekerja pada frekuensi 2300 – 2400 MHz dengan gain > 11 dBi serta VSWR ≤ 1,5. Pemodelan dan optimalisasi perancangan antena menggunakan software Ansoft HFSS v9.2.Kata Kunci : WiMAX, Double Ridged HornABSTRACT: The further growth and enhanced technology of wireless communication are need more research of Telecomunication equipment improvement which are support newest developing technology. One important telecommunication equipment is antenna which is main subsystem of radio access. The antenna must has all specification that are needed such as coverage, capacity, frequency operation bandwidth and compatible VSWR.
One of present developing wireless technology is WiMAX which uses frequencies 2,3 and 3,5 GHz. WiMAX is broadband technology with high speed access and wide coverage. WiMAX is BWA previous technology evolution with more new attractive features. These characteristics need WiMAX antenna innovation which has frequency operation 2,3 and 3,5 GHz with high coverage, VSWR ≤ 1,5 and high gain.
In this final project will be designed and implemented a modified Horn antenna with new modification of DRH (Double-Ridged Horn) antenna. DRH antenna is widely used in communication systems due to the particular characteristics of this antenna such as versatility, easy excitation, relatively simple construction, high gain and directivity performance. A novel of configuration DRH is proposed providing bandwidth and radiation pattern performance. The implemented DRH has frequency operation between 2300 to 2400 MHz with gain > 11 dBi and VSWR ≤ 1,5. Designing and optimizing using Ansoft HFSS v9.2.Keyword: WiMAX, Double Ridged Horn

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA DOUBLE-RIDGED HORN PADA FREKUENSI 2300 MHz – 2400 MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fendy Mustofa Ahmad
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini