IMPLEMENTASI PERANGKAT RECEIVER FREQUENCY HOPPING SPREAD SPECTRUM BERBASIS PHASE LOCK LOOP MIKROKONTROLER AT89C51 (Implementation Device Receiver Frequency Hopping Spread Spectrum Based On Phase Lock Loop (PLL) Microcontroller AT89C51

IRWANDINATA

Informasi Dasar

111030134
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sekarang ini keamanan dan kerahasiaan telah menjadi suatu hal yang penting di teknologi informasi. Dalam hal ini sangat terkait dengan betapa pentingnya pesan, data, atau informasi dikirim atau diterima oleh pihak atau orang yang berkepentingan sehingga pesan, data, atau informasi tersebut masih authenticity. Pesan, data, atau informasi tersebut tidak akan berguna lagi apabila di tengah jalan informasi itu di sadap oleh orang yang tidak berhak atau berkepentingan. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagaimana sebuah transmitter dapat mengirimkan informasi secara aman tanpa diketahui orang lain. Banyak metode yang di lakukan sebagai solusi untuk mengatasi sehingga pengiriman data menjadi aman dan rahasia. Pada Tugas Akhir ini penulis mencoba merealisasikan sistem pengamanan data dengan memakai prinsip frequency hopping spread spectrum.
Pada sisi transmitter sinyal informasi awal berupa sinyal analog akan di ubah menjadi sinyal informasi digital oleh Analog to Digital converter, kemudian oleh microcontroller akan melakukan pengendalian ADC, pengubahan data pararel ke serial, penambahan header untuk proses sinkronisasi dan pengacakan frekuensi pembawa yang berubah-ubah yang dihasilkan oleh frequency synthesizer dengan pengendalian programmable divider. Sinyal digital tadi di modulasikan menggunakan prinsip modulasi frequency shift keying (FSK). Sinyal pembawa dari frequency synthesizer yang berubah-ubah tadi akan di campurkan dengan sinyal hasil modulasi FSK sehingga menghasilkan sinyal hopping tertebar dan siap dikrimkan. Dinamakan frequency hopping karena di tebarkan dengan frekuensi carier yang berubah-ubah setiap waktu, sehingga lebar bidang transmisi yang digunakan jauh lebih besar dari pada lebar bidang minimum yang dibutuhkan untuk mentransmisikan informasi (lebar bidang FSK). Pada sisi receiver harus bisa menerjemahkan sistem pengacakan dari transmitter sehingga didapatkan sinyal informasi yang sesuai sewaktu pengiriman awal.
Dengan adanya sistem ini, komunikasi yang di lakukan antara Transmitter dan Receiver diharapkan dapat terjadi dengan aman, tanpa di ketahui oleh orang lain, tahan terhadap interfrensi dari luar, low probability of intercept (LPI), juga efisiensi dalam perbaikan spektral daya.
Kata Kunci : FREQUENCY HOPPING,SPREAD SPECTRUM,PHASE LOCK LOOP,MICROCONTROLLER,PROGRAMABLE DIVIDERABSTRACT: Nowadays security and secret becomes very important thing in information technology. It’s related with how important a message, data or information will be transmitted or received by the people so it still authenticity. It is not useful again if the information after it is tapped and secret of data will be known other person. How a transmitter can transmit the information with way secure without known other person. Many methods can be done as solution to conquer the problem so sending information become secure and secret. In final project, the writer could realize the data scramble system with frequency hopping spread spectrum principle
In transmitter, information signal is analog signal will be changed become digital signal by analog to digital converter, then by microcontroller will do control of ADC, pararel to serial converter, adding one byte of header to synchronizations process and scramble of carrier frequency will be provide by frequency synthesizer with programmable divider as controller. The digital signal will be modulated with frequency shift keying (FSK) principle. The carrier frequency will be mixed with signal from output of FSK modulator so produce the hopping signal spread spectrum and ready will be sent. Why it is called frequency hopping because the carrier frequency have changed every time so bandwidth transmission very wide more than the minimum bandwidth to transmit information (FSK bandwidth). In receiver must know the scramble system of transmitter so can get information signal same with transmitter.
With the system, communication that we will between transmitter and receiver will hoped happen with secure, not known other persons, incapable of interference from outside, low probability of intercept (LPI) and efficient in power spectral improvement.
Keyword: FREQUENCY HOPPING,SPREAD SPECTRUM,PHASE LOCK LOOP,MICROCONTROLLER,PROGRAMABLE DIVIDER

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

IMPLEMENTASI PERANGKAT RECEIVER FREQUENCY HOPPING SPREAD SPECTRUM BERBASIS PHASE LOCK LOOP MIKROKONTROLER AT89C51 (Implementation Device Receiver Frequency Hopping Spread Spectrum Based On Phase Lock Loop (PLL) Microcontroller AT89C51
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IRWANDINATA
Perorangan
Budi Prasetya, Basuki Rahmat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini