ANALISIS DAN SIMULASI PERFORMANSI RADIO LINK PADA JARINGAN GSM

WIEKE WIDOWATI

Informasi Dasar

111030133
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Meningkatnya tingkat persaingan menuntut setiap operator harus mampu memenuhi keinginan pelanggan sebagai langkah antisipasi di dalam menghadapi kompetisi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan performansi kinerja jaringan. Performansi jaringan yang bagus akan mendukung setiap layanan yang diinginkan oleh pelanggan, sehingga pelanggan tidak akan merasa kecewa terhadap service yang diberikan oleh provider.
Dalam tugas akhir ini dilakukan simulasi dan analisis pada jaringan GSM dengan memodelkan user pada suatu cluster. Model cluster yang disimulasikan berjumlah tujuh sel, pada sel tersebut user akan melakukan layanan berupa voice dan SMS secara random dan melakukan handover ke sel tetangga. Setelah simulasi selesai, maka akan diketahui hasilnya berupa bloking, dropping, dan jumlah user yang melakukan handover berdasarkan parameter RSL (Received Signal Level) dan jarak. Hasil dari simulasi kemudian akan dikirim ke web server untuk kemudian dianalisa dan diberikan solusi umum dari kondisi yang terjadi pada simulasi.
Berdasarkan hasil dari simulasi, nilai bloking dan dropping yang dihasilkan jumlahnya hampir sama, semakin banyak jumlah user maka akan semakin meningkat. Sedangkan handover pada parameter jarak semakin besar jumlah user, maka nilainya akan semakin menurun, berbeda dengan parameter RSL semakin banyak user maka nilainya akan semakin naik. Sebagai sample dengan jumlah user 25 didapatkan dropping nol, bloking nol, handover jarak 17, dan handover RSL 13, sedangkan untuk jumlah user 40 didapatkan dropping 21, bloking 2, handover jarak 10, dan handover RSL 13.
Kata Kunci : performansi, cluster, bloking, dropping, handover, user, RSL (Received Signal Level), jarak.ABSTRACT: The tighter competition lately insists every operator to fulfill the customer’s demands as anticipation. Network performance upgrade is one of the ways to face thus competition. A good network performance would support every service to the customers, so that they would not be disappointed.
A simulation and an analysis on the GSM network in this final project is done by modeling users into a cluster. Seven cells of cluster model are simulated; on the each cell, the user will randomly get the voice service and SMS, also do the handover to the neighbor cells. After the simulation is done, the result of blocking, dropping, and the number of users doing handover based on RSL (Received Signal Level) parameter and based on distance is known. This result will be sent to the web server for analyzing; also the general solution of the condition occurred during simulation will be given.
Based on the simulation result, the number of blocking and dropping are almost the same; the greater number of users means the greater number of blocking and dropping. While on the handover distance parameter, the greater number of user will results the less value. For the example, 25 users have zero dropping, zero blocking, 17 handover distance, and 13 handover RSL, while 40 users have 21 dropping, 2 blocking, 10 handover distance, and 13 handover RSL.
Keyword: performance, cluster, blocking, dropping, handover, user, RSL (Received Signal Level), distance.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS DAN SIMULASI PERFORMANSI RADIO LINK PADA JARINGAN GSM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIEKE WIDOWATI
Perorangan
Asep Mulyana, SIGIT SUHARDONO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini