Analisis Performansi Pengaruh Jumlah Subcarrier pada Sistem Multiband OFDM UWB

Nur'Aini

Informasi Dasar

111030123
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: UWB (Ultra Wide Band) adalah suatu tekhnologi aplikasi wireless yang sekarang sudah mendapat perhatian besar di dunia internasional dan Federal Communications Commission (FCC) telah menetapkan bahwa frekuensi operasi UWB 3.1GHz – 10.6GHz. UWB memiliki banyak keuntungan antara lain transmisi data dengan kecepatan yang sangat tinggi dan daya transmit yang sangat rendah. Oleh karena itu penerapan teknologi UWB ini sangat baik untuk lingkungan indoor. Untuk efisiensi spektrum yang sangat lebar dan tahan terhadap interferensi narrowband dibutuhkan suatu teknik pendekatan yang tepat dan untuk komunikasi wireless indoor UWB juga membutuhkan pemodelan kanal propagasi yang berbeda dengan komunikasi outdoor karena pada lingkungan indoor kemungkinan terjadi sinyal multipath sangat besar.
Teknik pendekatan Multiband OFDM UWB sangat tepat digunakan untuk efisiensi bandwidth yaitu dengan adanya teknik OFDM dan ketahanan terhadap interferensi narrowband yaitu dengan adanya teknik multiband. Pemodelan kanal yang tepat untuk komunikasi menggunakan UWB adalah menggunakan pemodelan kanal indoor Saleh-Valenzuela Model. Di mana model kanal yang dianalisa merupakan model kanal multipath, yang terbagi menjadi dua macam. Yakni model kanal untuk kondisi Line of Sight (LOS) untuk Channel Model 1 (CM1) dan model kanal untuk kondisi Non Line of Sight (NLOS) untuk CM2, CM3, dan CM4. Pada skenario pemodelan ini kondisi LOS berarti Tx-Rx berada di satu ruangan dan kondisi NLOS Tx-Rx berada pada ruangan yang berbeda.
Dari hasil simulasi dapat dilihat bahwa sistem MB-OFDM UWB dapat bekerja dengan baik pada kanal Saleh-Valenzuela dengan jumlah subcarrier 128 terutama pada CM1. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil simulasi yaitu untuk mencapai BER 10-5 membutuhkan SNR sebesar 13.8 dB. Sedangkan untuk 256 subcarrier menunjukkan performansi yang lebih baik pada CM2 dan untuk subcarrier 512 menunjukkan performansi yang lebih baik pada CM3 dan CM4.
Kata Kunci : : OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing), UWB (Ultra Wide Band), subcarrier, BER (Bit Error Rate), SNR (Signal to Noise Ratio), Saleh-Valenzuela, CM (Channel Model).ABSTRACT: UWB (Ultra Wid-Band) is a wireless application technomogy that has a great attention in international now and FCC (Federal Communications Commision) has established that UWB’s operation frequency are between 3.1 GHz- 10.6 GHz. UWB technology has many advantages such as : very low data rate and low power consumption. Therefore, The application of UWB technology is very good for indoor environment. For efficiency of wide spectrum and robust against narrowband interference, UWB technology needs an appropiate approach. And for indoor wireless communication, UWB technology needs different propagation channel model because in indoor environment the probability of getting multipath signal is huge.
Multiband OFDM UWB approach technique is very appropiate used for bandwidth efficiency that is by OFDM technique and the robust against narrowband interference with multiband. The appropiate channel model is Saleh-Valenzuela channel model. Where the analyzed channel model is multipath channel model, which devided into two categories. They are LOS (Line Of Sight) for channel model 1 (CM1) and NLOS (Non Line Of Sight) for CM2, CM3, and CM4. In this matter LOS mean Tx and Rx in the same room, while NLOS mean Tx and Rx located in different room.
From the simulation result can be seen that MB-OFDM UWB system can give good performance in Saleh-Valenzuela channel model with 128 sub carriers especially in CM1. It proven from simulation to achieve BER 10-5 needs SNR 13.8 dB. On the other hand, for 256 sub carriers can give good performance in CM2 and 512 sub carriers can give good performance in CM3 and CM4.
Keyword: OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing), UWB (Ultra Wide Band), subcarrier, BER (Bit Error Rate), SNR (Signal to Noise Ratio), Saleh-Valenzuel, CM (Channel Model).

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis Performansi Pengaruh Jumlah Subcarrier pada Sistem Multiband OFDM UWB
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Nur'Aini
Perorangan
Dharu Arseno, Rina Pudji Auti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini