Analisis Performansi Modulasi Adaptif terhadap Kondisi Link Radio Wimax IEEE 802.16d

Yacob Sapan Panggau

Informasi Dasar

111030104
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: WiMAX merupakan teknologi baru yang memberikan layanan informasi pita lebar seperti pada teknologi Wi-Fi yang telah ada. Teknologi ini mampu memberikan layanan data berkecepatan tinggi hingga 120 Mbps dalam radius maksimal 40-50 km. WiMAX menggunakan standar IEEE 802.16a dan IEEE 802.16d untuk fixed wireless, IEEE 802.16e untuk mobile wireless. Dalam pentransmisian sinyal terdapat beberapa permasalahan pada sinyal yang ditransmisikan, antara lain pemantulan (reflections), pemencaran (scattering), dan pembiasan (diffractions). Adanya permasalahan ini dapat menyebabkan noise dan penurunan daya terima yang drastis sehingga kualitas link radio sistem menurun. Salah satu solusi dalam menjaga kualitas pada teknologi WiMAX adalah menggunakan modulasi adaptif.
Pada tugas akhir ini data mengenai performansi mengenai modulasi adaptif diperoleh melalui pengukuran. Pengukuran dilakukan di empat titik di daerah Bandung yaitu Parkiran Risti, Jalan Pasteur, Tol Cileunyi, dan Rancaekek. Data yang diperoleh melalui pengukuran berupa SNR, RSSI, dan Throughput Pengukuran ini menggunakan perangkat Wimax dengan merk BreezeMax.
Pada tugas akhir ini akan di analisis performansi modulasi adaptif berdasarkan parameter SNR, RSSI, dan Throughput serta kondisi lingkungan sekitar. Kondisi lingkungan sekitar seperti bangunan, pepohonan, dan penghalang yang lain akan mempengaruhi performansi modulasi adaptif. Melalui analisis ini akan didapatkan informasi gambaran mengenai performansi modulasi adaptif untuk berbagai titik pengukuran yang mempunyai kondisi lingkungan sekitar yang berbeda-beda.Kata Kunci : Link Radio, Wimax IEEE 802.16dABSTRACT: Wimax is a new technology that can give broadband wireless services like the exist technology, Wi-Fi. Wimax can give high data rate until 120 MBps in maximum radius cell 40-50 kilometres. Wimax has two standar, IEEE 802.16ed for fixed wireless and IEEE 802.16e for mobile wireless. The transmission of information signal has many problem that can performance the quality of signal information such as reflections, scattering, dan diffractions. These problems can decrease level power receive and increase noise that can decrease the quality of link radio. Wimax has many solutions to guard signal information quality. One of the solutions is adaptive modulation.
In this final document, adaptive modulation performance data got by measurement trial on field. The measurements take in four places in Bandung such as Risti Park, Pasteur Street, Cileunyi, and Rancaekek. Radio Link Parameters that measured are SNR, RSSI, and Throughput. This measurement use BreezeMax hardware.
This final document will analyze the performance of adaptive modulation based on SNR, RSSI, Throughput, and Environment condition of measured places. That environment condition such as buildings, trees dan others obstacle that influence the performance of adaptive modulation. From this final document, we will get information about adaptive modulation performance for each four measured places.Keyword: Radio Link, Wimax IEEE 802.16d

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis Performansi Modulasi Adaptif terhadap Kondisi Link Radio Wimax IEEE 802.16d
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Yacob Sapan Panggau
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Gunadi Dwi Hantoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini