Simulasi Perbandingan Performansi Pengkodean H.264 dan MPEG-4 dalam Komunikasi Wireless

Lestiyo Winarno

Informasi Dasar

111030077
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi telekomunikasi saat ini bukan hanya digunakan untuk komunikasi suara melainkan komunikasi video menjadi suatu wacana baru dalam trend berkomunikasi dewasa ini. Guna memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan suatu penggunaan pengkodean yang tepat untuk memberikan kualitas video dan fleksibelitas pengguna yang tinggi.
Oleh sebab itu di perlukan upaya untuk mengurangi kebutuhan rate tiap pengguna yang digunakan dalam komunikasi videosalah satunya dengan menggunkan teknik pengkodean, meskipun terjadi trade off dengan kualitas video sebelumnya. Tugas akhir ini ingin menghitung berapa besar pengaruh dari teknik pengkodean dalam hal ini H.264 dan MPEG-4 yang dilewatkan dalam komunikasi wireless terhadap parameter-parameter performansi video.
Tugas akhir ini bertujuan untuk memberikan suatu anlisa performansi pengkodean H.264 dan MPEG-4 berdasarkan profil yang terdefinisikan didalamnya, parameter yang akan diukur adalah PSNR, SSIM, laju bit dan MOS pengujian akan dilakukan dalam komunikasi wireless. Metode yang digunakan dalam pada penulisan tugas akhir ini adalah kajian pustaka yang berhubungan dengan pengkodean video H.264 dan MPEG-4, melakukan simulasi terhadap pengkodean dan pengiriman video pada jaringan wireless. Melakukan analisa dan mengambil kesimpulan dari analisa yang dilakukan sehingga diharapkan akan memperoleh performansi video yang paling baik.
Video yang ditrasmisikan pada jaringan wireless akan memberikan kulitas paling baik bila menggunakan main profile H.264 bila dibandingkan dengan Baseline profile H.264 , extended profile H.264 dan Simple profile MPEG-4 , Advance simple profile MPEG-4. Hal ini telah diperhitungan dengan cara kalkulasi matematis yang terdiri dari: PSNR, SSIM, Laju bit dan pengamatan secara kasat mata yaitu MOS.Kata Kunci : -ABSTRACT: Telecomunication technology’s recent development has come to the moment where video communication emerges a new trend of communication means alternate to voice communication. To fulfill the demand, the use of correct coding for bringing high quality videos and user flexibilities is needed.
For the purpose, ways to decrease bit-rate for every user are needed, one of them is by using coding techniques, eventhough it is correlated with previous video quality factor. This final project will calculate the effects of coding techniques towards video parameters in a wireless communication.
The purpose of this final project is to give performance analysis of H.264 and MPEG-4 coding based on the defined profiles. Parameters that will be calculated are PSNR, SSIM and bit-rate. The test will take place in a wireless communication . The method used in this project include conducting literary studies related with H.264 and MPEG-4 video coding, also conducting simulation for coding and video delivery in a wireless network Conducting analysis and taking conclusions from the analysis, so in the end it will resulted in the video with the best performance.
Video transmitted in a wireless network will result in the best quality by using the main profile H.264 profile, this was compared with Baseline profile H.264, Extended profile H.264 and Simple profile MPEG-4, Advanced Simple profile MPEG-4. The conclusion has been calculated with PSNR, SSIM, bit-rate and visual observation using MOS.
Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Simulasi Perbandingan Performansi Pengkodean H.264 dan MPEG-4 dalam Komunikasi Wireless
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lestiyo Winarno
Perorangan
Ida Wahidah, Arfianto Fahmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini