ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI RSVP TERHADAP TEKNOLOGI ADSL PADA LAYANAN MULTIMEDIA

LELIANA SOFIA ARINI

Informasi Dasar

111030055
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Beberapa waktu terakhir ini jaringan internet berkembang sangat pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya teknologi-teknologi baru yang muncul yang menuntut kecepatan akses dan mobilitas tinggi serta bandwidth yang lebar. Salah satu diantaranya adalah teknologi ADSL. ADSL menawarkan layanan broadband dengan mengoptimalkan saluran telepon biasa menjadi saluran digital high-speed untuk fast internet akses. Dengan teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), komunikasi data, suara dan video dapat dilakukan secara bersamaan dengan menggunakan media jaringan akses kabel tembaga 1 pair.
Untuk mengetahui kualitas dari teknologi ADSL yang akan diterapkan di Pekalongan, maka pada tugas akhir ini akan dibuat simulasi jaringan ADSL yang dikondisikan mendekati dengan karakteristik jaringan di Pekalongan dan menganalisa pengaruh implementasi RSVP terhadap layanan multimedia dari teknologi ADSL khususnya pada layanan VoIP dengan tolok ukur parameter QoS seperti troughput dan delay. Sedangkan dari parameter elektris yang didapat, akan dibuat tools untuk membantu pengguna dalam pengambilan keputusan terhadap penentuan kualitas jaringan.
Dari simulasi-simulasi yang dilakukan dapat diketahui bahwa jaringan yang mengimplementasikan RSVP menghasilkan parameter delay, jitter, dan throughput yang jauh lebih baik daripada jaringan tanpa implementasi RSVP.
Kata Kunci : ADSL, RSVP, QoSABSTRACT: Internet have been develop well for past recent year. This momentum appear with born of new technology which need high speed and high mobility with broadband access. ADSL as a new technology for internet access solution. This technology offer broadband access which optimize telephone line to become digital high speed for internet access. With ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), data communication, voice and video could happend and flow along the line with only 1 pair coax access network.
To determine the quality of ADSL in Pekalongan as a study case for this paper, ADSL will perform as simulation which condition similiar with real network characterstic in Pekalongan, and analise the RSVP implementation effect to multimedia service for ADSL suh as VOIP, specialized in QOS Parameter (througput and delay). Otherwise, from the electrical parameter measurement, will be calculate to determine quality of the network.
From ADSL Simulation, the network using RSVP could result better delay, jitter and throughput parameter than network without implementing RSVP
Keyword: ADSL, RSVP, QoS

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISA PENGARUH IMPLEMENTASI RSVP TERHADAP TEKNOLOGI ADSL PADA LAYANAN MULTIMEDIA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LELIANA SOFIA ARINI
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, YOGO SANTOSO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini