ANALISA PERFORMANSI REVERSE LINK PADA CDMA2000 1xEV-DO REVISION A

TITI CHETI NURHANDAYANI

Informasi Dasar

111030053
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: CDMA2000 1xEV-DO merupakan sistem seluler generasi ketiga(3G) yang dapat memenuhi permintaan yang tinggi untuk akses internet secara wireless dengan kecepatan lebih tinggi. CDMA2000 1xEV-DO Rev.A merupakan pengembangan dari CDMA2000 1xEV-DO Rev. 0 yang mempunyai data rate 1,8 Mbps. Uplink CDMA2000 1xEV-DO Rev. A cocok untuk aplikasi seperti VoIP, video telephony, wireless gaming, push-to-talk PTT), dimana aplikasi – aplikasi tersebut menginginkan sebuah sistem yang mampu mendukung banyak user secara bersama–sama dan juga menginginkan latency yang sesuai dengan aplikasi yang dijalankan. Beberapa teknik yang digunakan dalam CDMA2000 1x EV-DO Rev. A untuk mendukung peningkatan performansi dicapai dengan penggunaan skema modulasi dengan orde yang tinggi dan ukuran paket yang besar, empat cabang diversitas penerima, Hybrid ARQ, Pilot Interfernce Cancellation (PIC), paket yang lebih kecil.
Pada tugas akhir ini dianalisa performansi CDMA2000 1x EV-DO Rev. A pada reverse link (uplink). Parameter – parameter yang akan diamati antara lain : perubahan data rate, packet error rate, dan throughput. Untuk mensimulasikan kinerja dari CDMA2000 1x EV-DO Rev. A digunakan tool software MATLAB 7.0.1.
Dalam simulasi ini dibatasi hanya menggunakan satu sel dengan empat user aktif untuk mewakili kondisi kanal radio yang berbeda-beda dengan didasarkan jarak user ke BTS yang berbeda-beda. Masing-masing user membangkitakan 1000 kilobit.
Hasil simulasi menunjukan user pertama yang distribusi jaraknya 100 sampai dengan 400 meter dari BTS mengalami kondisi kanal yang bagus, yaitu user pertama membangkitkan power transmit yang paling kecil, ukuran payload yang besar, data rate yang besar, dan juga throughput yang besar. Sedangkan user keempat yang distribusi jaraknya 1100 sampai dengan 1300 meter, mengalami kondisi kanal yang paling jelek, yaitu power transmit yang dibangkitkan besar, ukuran payload kecil, data rate yang dicapai kecil, dan throughput juga kecil.Kata Kunci : -ABSTRACT: CDMA2000 1xEV-DO is third generation (3G) of seluler system that can comply request for increasing access internet with high speed wireless. CDMA2000 1xEV-DO Rev. A is evolution from CDMA2000 1xEV-DO Rev. 0 and has data rate 1,8 Mbps. Uplink CDMA2000 1xEV-DO Rev A is suitable for aplication such us : VoIP, video telephony, wireless gaming, push-to-talk (PTT). These aplication demand a system that can support large numbers of simultaneous users while meeting their desired latency requirements. Some method are used to achive increasing performance, such us: using scheme modultion with high orde, bigger packet size, four branches receiver diversity, Hybrid ARQ, Pilot Interference Cancellation (PIC), smaller packet.
This final project analyzes performance CDMA2000 1xEV-DO Rev. A at reverse link. The analyzed parameters are: alteration of data rate, packet error rate, throughput. Simulation CDMA2000 1xEV-DO Rev. A uses MATLAB 7.0.1 software.
The simulation uses one cell with four active user. It represent variation radio channel condition. It is based on distance’s user from BTS. Every user produce 1000 kbit.
The result of simulation indicates first user which distance 100 – 400 meters from BTS has good channel condition. User one has lower power transmit, bigger payload size, high data rate, and bigger throughput. Fourth user which distance 1100 – 1300 meters has bad channel condition. Fourth user has higher power transmit, smaller payload size, low data rate, and lower throughput.Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA PERFORMANSI REVERSE LINK PADA CDMA2000 1xEV-DO REVISION A
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TITI CHETI NURHANDAYANI
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Ida Wahidah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini