IDENTIFIKASI NOMOR KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS PENGOLAHAN CITRA MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN ADAPTIVE RESONANCE THORY 2(ART2)

MARLINDIA IKE SARI

Informasi Dasar

111030052
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem parkir yang ada sekarang ini melakukan proses pencatatan nomor mobil secara manual. Faktor manusia yang memiliki penglihatan yang kurang awas bisa menimbulkan kesalahan pencatatan nomor polisi. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab lamanya pelayanan parkir. Untuk mendapatkan suatu otomatisasi pada sistem pengelolaaan parkir akan dilakukan pencatatan nomor polisi sebagai subsistem dari sistem pengelolaan parkir otomatis dengan pengolahan citra digital. Dan dari sini dapat diperoleh data kendaraan berupa nomor polisi. Tapi untuk mempermudah pencarian dalam suatu database, data sebaiknya dalam bentuk teks atau tulisan.
Dengan adanya teknologi pengolahan citra, maka data berupa gambar yang mengandung gambar suatu karakter dapat diambil informasinya dan dikonversikan ke dalam bentuk tulisan/teks. Proses pengolahan citra ini memanfaatkan kontrasnya warna pada plat nomor polisi, misal plat nomor yang terdiri dari warna hitam (background) dan warna putih (tulisan). Hasil dari pengolahan citra diwujudkan dalam bentuk kode-kode biner, dan kode-kode ini akan menjadi inputan jaringan syaraf tiruan model ART 2 dan LVQ yang berfungsi untuk mengambil keputusan dengan tujuan mengenali tulisan tersebut.
Berbeda dengan citra tanda tangan ataupun sidik jari yang memiliki pola yang sangat unik, pola dari citra angka dan huruf, memiliki persamaan pola antar citra karakter satu dengan yang lain. Seperti pada jumlah piksel pada kolom dan baris yang sama. Dari hasil pengujian, hasil pengenalan dengan menggunakan JST LVQ memberikan hasil lebih baik dari JST ART2. Pada citra uji yang berasal dari file yang tersimpan, karakter yang berhasil dikenali dengan posisi yang benar untuk setiap citra plat maksimal 5 karakter, dengan menggunakan metode ekstraksi dekomposisi paket wavelet dan JST LVQ. Sedangkan untuk citra hasil peng-capture-an webcam, karakter yang berhasil dikenali dengan posisi yang benar untuk setiap citra plat maksimal 4 karakter, dengan menggunakan metode histogram 4 kuadran dan JST LVQ. Untuk JST ART2, karakter yang berhasil dikenali 1 karakter.Kata Kunci : Pengolahan citra, Jaringan Syaraf Tiruan ART2, LVQ, Plat NomorABSTRACT: Nowadays park system process record-keeping of car number manually. Human factor being bad sight can caused mistake of record of plat number. This is one of caused serving park system need more time. To get an automatic in system park will be done by record-keeping of police number as subsystem of automatic park system management with processing digital image. From here can be obtained by vehicle data in the form of plate number. It is easier to get data in database, if the data is text.
From technology image processing, hence data in the form of contain of picture an character can be taken by its information and converted to in the form of text. Between background color and text color in plate number are contrast, it is used for image processing, for example plate number which consist of black (as background color) and white (as text color). The result of image processing realized in codes. They will become input of neural network model of ART 2 and LVQ for recognize character.
Different with signature or fingerprint that have unique pattern, character of number and alphabet, have similar pattern with others. From experiment, the result of recognition with NN-LVQ better than NN-ART2. Test with image from file, maximal 5 characters that is recognized, with decomposition wavelet packet feature extraction metode and NN-LVQ. And test with image from webcam maximal 4 characters that is recognized with histogram 4 quadrant feature extraction metode and NN-LVQ . For testing with ART 2, only 1 character that is recognized.
Keyword: Image Processing, Neural Network ART 2, LVQ, Plate Number

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

IDENTIFIKASI NOMOR KENDARAAN BERMOTOR BERBASIS PENGOLAHAN CITRA MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN ADAPTIVE RESONANCE THORY 2(ART2)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARLINDIA IKE SARI
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Joko Haryatno
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini