Analisis Pengembangan Dynamic Bluetooth Scatternet Formation Dengan Menggunakan Algoritma MTSF dan TSF

Weny Sevinda

Informasi Dasar

111030048
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Komunikasi mobile pada saat ini menjadi sangat penting. Banyak perangkat yang menyediakan layanan dan fasilitas bagi user untuk dapat saling berhubungan satu sama lainnya atau infrastruktur komunikasi yang global seperti internet.
Teknologi Bluetooth menggunakan komunikasi radio jarak dekat yang dapat menggantikan hubungan antara satu perangkat dengan perangkat lain yang secara normal menggunakan kabel sebagai penghubungnya. Teknologi Bluetooth dapat membentuk jaringan ad-hoc antar perangkatnya, yang mana perangkat-perangkatnya dapat membentuk suatu jaringan tanpa infrastruktur yang ada. Pada sistem Bluetooth, perangkat-perangkatnya dapat membentuk suatu jaringan kecil yang disebut piconet. Kemudian beberapa piconet dapat saling berhubungan dan membentuk jaringan yang lebih luas yang disebut dengan scatternet. Perangkat-perangkat Bluetooth juga dapat bergerak bebas dari satu piconet ke piconet lain, dan bahkan dari satu scatternet ke scatternet lain. Untuk itu dibutuhkan suatu algoritma yang berfungsi membangun formasi scatternet pada kondisi perangkat-perangkatnya bebas bergerak.
Hingga saat ini telah banyak metoda yang berkembang untuk membentuk formasi scatternet pada Bluetooth dalam kondisi perangkat yang dinamis. Pada tugas akhir ini dilakukan analisa performansi formasi scatternet yang dihasilkan melalui algoritma scatternet MTSF ( Mesh Topology Scatternet Formation ) dan algoritma scatternet TSF ( Tree Scatternet Formation) dalam kondisi perangkat yang dinamis.
Hasil dari pemakaian kedua algoritma tersebut diharapkan dapat menghasilkan suatu topologi jaringan scatternet yang efisien, meskipun ada node dalam scatternet yang bebas bergerak. Dengan menggunakan kedua algoritma tersebut dapat membuat jaringan baru pada kondisi mobile dengan kapasitas yang lebih besar dan shortest path yang lebih kecil pada jumlah node yang beraneka ragam.
Kata Kunci : -ABSTRACT: Mobile communications are very important now. There are many devices that offer services and facility for user to communicate each other or global communication infrastructure such as internet.
Bluetooth technology using short range radio communication that can replace connectivity between one device to another which usually using wire to get connected. Bluetooth also enables ad hoc networking with the devices. In this case the devices are able to form a network without an existing infrastructure. On Bluetooth system, the devices can communicate each other and make piconet. Then piconets get connected and make wider network, its called scatternet. Bluetooth devices can also mobile from one piconet to other piconet and even from one scatternet to other scatternet. For that, needed an algorithm to make scatternet formation which is the device is mobile.
Now a day’s many method has been found to make scatternet formation on Bluetooth technology where is devices move dynamically. The purpose of this final project is to analyze and compare the performance of scatternet formation that resulted from MTSF (Mesh Topology Scatternet Formation) and TSF (Tree Scatternet Formation) scatternet algorithm.
The result using two algorithm hopes can make an efficient scatternet network topology although there are free nodes on the scatternet. So that can make a new network with bigger capacity and better shortest path on the larger number of nodes.
Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Pengembangan Dynamic Bluetooth Scatternet Formation Dengan Menggunakan Algoritma MTSF dan TSF
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Weny Sevinda
Perorangan
Rendy Munadi, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini