ANALISIS KOMUNIKASI SERAT OPTIK YANG MENGGUNAKAN FORMAT QPSK (QUADRATURE PHASE SHIFT KEYING) DENGAN SKEMA SCM (SUB CARRIER MULTIPLEXING)

CLARA ADILA

Informasi Dasar

111030042
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi khususnya di bidang transmisi telah membawa manusia kepada ditemukannya sistem jaringan komunikasi dengan serat optik. Kebutuhan transmisi kecepatan tinggi dan transmisi jarak jauh dengan menggunakan serat optik semakin meningkat. Oleh karena itu penulis mencoba menganalisis desain optimal sistem yang memenuhi kebutuhan tersebut, yaitu sistem komunikasi serat optik dengan menggunakan format modulasi QPSK (Quadrature Phase Shift Keying) yang kemudian akan dik
ombinasikan dengan skema SCM (Sub CarrierMultiplexing). Teknik multipleksing ini menawarkan banyak keuntungan, antara lain kemampuan untuk membawa kapasitas yang lebih besar pada lebar pita yang sama, harga efektif komponen, dan layanan modulasi yang tinggi.
Pada Tugas Akhir ini dilakukan analisis numerik dari sistem berdasarkan grafik yang diperoleh dari hasil simulasi menggunakan program Matlab 7.0.1. Analisis yang dilakukan berdasarkan parameter BER (Bit Error Rate) dan daya keluaran sistem yang telah dirancang. Kemudian dibandingkan dengan sistem yang sebelumnya telah dibuat, yaitu dengan menggunakan dua kanal.
Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa sistem yang dibuat sebelumnya lebih baik daripada sistem yang dibuat pada Tugas Akhir ini. Penilaian yang dilakukan berdasarkan parameter BER dan daya keluaran. Adapun nilai BER pada Tugas Akhir ini adalah ± 3.59x 10-15 untuk kanal 1, ± 3.02 x 10-14 untuk kanal 2, dan ± 6.613 x 10-13 untuk kanal 3.
Kata Kunci : -ABSTRACT: The developing of technology especially in transmission has bring people to find communication network system with optic fiber. The need of high speed and long distance transmission is increasing. Because of that the writer try to analyze optimum design system who fulfill that needed, which is optic fiber communication system using Quadrature Phase Shift Keying (QPSK) modulation format combine with Sub CarrierMultiplexing (SCM). This multiplexing technique offers many benefit, such as has bigger capacity in same bandwidth, the component effective cost, and high modulation service.
In this assignment is doing numeric analysis based on graph from simulation result using Matlab 7.0.1 program. The analysis is based on Bit Error Rate (BER) parameter and output supply system. Next, compare with the system that has made before, which used two channels.
The analysis result shows that the system that has made before is better than the system that made in this assignment. The parameter is based on BER and output supply. BER value in this assignment is ± ± 3.59x 10-15 for channel 1, ± 3.02 x 10-14 for channel 2, and ± 6.613 x 10-13 for channel 3.
Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS KOMUNIKASI SERAT OPTIK YANG MENGGUNAKAN FORMAT QPSK (QUADRATURE PHASE SHIFT KEYING) DENGAN SKEMA SCM (SUB CARRIER MULTIPLEXING)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CLARA ADILA
Perorangan
A HAMBALI, Mamat Rokhmat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini