PERFORMANSI VIDEO STREAMING MPEG-4 PADA JARINGAN UMTS DENGAN BACKBONE IP MPLS PERFORMANCE MPEG-4 VIDEO STREAMING ON UMTS NETWORK USING IP MPLS BACKBONE

Muchammad Ghofur Al Amin

Informasi Dasar

111030037
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Multimedia menjadi populer di dunia pertelekomunikasian dalam waktu yang relatif singkat. Hanya dalam kurun waktu beberapa tahun, berbagai layanan multimedia telah ditawarkan ke pengguna seperti streaming video, video on demand, online gaming, teleconferencing dan lain sebagainya. Multimedia seakan telah menjadi parameter baru bagi kehidupan manusia modern.
Didalam dunia jaringan komunikasi wireless telah terjadi evolusi dalam proses pengiriman informasi. Dari yang hanya berbasiskan circuit switch bertambah satu lagi dengan adanya packet switch. Pengiriman paket data dalam jaringan berbasiskan IP (packet switch) telah menjadi hal yang penting karena efesiensi yang lebih tinggi dalam penggunaan sumber daya jaringan. Pada perkembangannya, semua trafik yang ada dalam jaringan telekomunikasi akan dilewatkan pada jaringan berbasiskan IP. Salah satu topologi jaringan wireless yang dikembangkan menuju arah tersebut adalah core network UMTS yang lebih dominan menggunakan IP.
Video adalah salah satu aspek multimedia yang cukup banyak mendapat perhatian. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan bitrate yang tinggi pada proses transmisi agar didapatkan hasil yang dapat memenuhi QoS layanan terutama pada jaringan berbasikan paket. Delay, packetloss, dan antrian adalah parameter penting dalam menentukan apakah proses streaming video berjalan dengan baik atau tidak. Penggunaan video compression adalah hal yang mutlak diperlukan agar dapat mengirimkan layanan video pada jaringan paket dengan parameter yang sesuai.
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan pengujian terhadap performansi MPEG-4 untuk proses kompresi streaming video yang akan dikirim melalui jaringan core network UMTS berbasiskan IP MPLS. Pengujian akan dilakukan dengan melakukan proses simulasi jaringan core network UMTS IP based dengan NS 2 sehingga akan didapatkan pengukuran delay, jitter dan antrian yang terjadi pada proses streaming video. MPEG-4 seharusnya dapat memenuhi kriteria parameter streaming video melalui core network UMTS bebasis IP MPLS karena MPEG-4 mendukung pengiriman video pada jaringan IP dengan low bit rate maupun high bit rate ataupun pada topologi jaringan lainnya.Kata Kunci : MPEG-4, UMTS, MPLS, REDABSTRACT: Multimedia becomes popular among telecommunication for short of time. Only in a few year, various multimedia services offer to the end user like video streaming, video on demand, on line gaming, teleconferencing and others. Multimedia becomes new trendsetter for modern human living.
Wireless telecommunication has been changed and evolved in how to transmit the information. The circuit switch become packet switch. Data transmission in IP network has became important thing because the high efficiency in using the network resource. Next, all traffic in the telecommunication will be transmitted in IP based. On of the network topology that support the IP based is UMTS core network.
Video is one of the multimedia part that have many attention. It needs high bit rate in the transmission in order to get good QoS in packet based. Delay, packetloss, and queuing are the important parameter in video transmission. Video compression is a dominant factor in video transmission in packet-based network with proper parameter.
This final task will test the performances of MPEG-4 in video streaming that will transmit in UMTS core network based IP MPLS. The simulation will be generated with NS 2 in order getting delay, packetloss and queuing in video streaming. MPEG-4 should fulfill the video streaming parameter in UMTS core network based IP MPLS because MPEG-4 support the video streaming in IP network with low-bit rate or other high-bit rate network topology.Keyword: MPEG-4, UMTS, MPLS, RED

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

PERFORMANSI VIDEO STREAMING MPEG-4 PADA JARINGAN UMTS DENGAN BACKBONE IP MPLS PERFORMANCE MPEG-4 VIDEO STREAMING ON UMTS NETWORK USING IP MPLS BACKBONE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muchammad Ghofur Al Amin
Perorangan
Ida Wahidah, R. Rumani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini