IMPLEMENTASI ENKRIPSI SEBAGIAN CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES)

RIZKI ARDIANSYAH

Informasi Dasar

111030030
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini menyebabkan informasi menjadi suatu hal yang sangat berharga, oleh karena itu perlu dilakukan perlindungan terhadap informasi dengan pelbagai cara. Salah satu cara lazim untuk melindungi data adalah kriptografi. Kriptografi sendiri merupakan cabang dalam ilmu matematika yang memanfaatkan proses komputasi untuk mengacak data, yang bertujuan untuk mencegah pihak-pihak yang tidak diizinkan untuk mengetahui atau memodifikasi data tersebut.
Tugas akhir ini menggunakan algoritma simetrik AES, dimana pada algoritma simetri mengharuskan pengirim dan penerima menyetujui suatu kunci tertentu sebelum mereka dapat berkomunikasi dengan aman. Keamanan algoritma simetri tergantung pada kunci. Agar komunikasi tetap aman, kunci harus tetap dirahasiakan.
Pada tugas akhir ini, mengimplementasikan penggunaan algoritma simetrik AES untuk mengenkripsi/mendekripsi sebagian citra digital yang dianggap penting oleh user saja, sehingga lebih cepat dalam hal waktu proses operasi enkripsi/dekripsinya. Citra akan dipotong(crop) terlebih dahulu sebelum dilakukan proses kriptografi terhadap citra hasil cropping tersebut. Citra hasil pengacakan(cipher) akan ditempatkan lagi ke posisi citra asli(plain) sehingga menjadi citra yang utuh kembali. Untuk proses dekripsi adalah kebalikan dari proses enkripsi.
Dalam hal brute forced attack, tingkat keamanan untuk citra ukuran yang lebih besar dari 20x20 pixel lebih aman dibandingkan citra ukuran 20x20 pixel. Waktu proses untuk citra dengan ukuran 20x20 pixel lebih cepat dibandingkan citra dengan ukuran yang lebih besar dan citra satu layer lebih cepat dibandingkan dengan citra tiga layer. Hasil dari implementasi ini adalah sistem ini mampu melakukan proses enkripsi/dekripsi sebagian citra digital dalam waktu proses yang cepat dan tingkat keamanan yang tinggi. Dapat mengimplementasikan enkripsi pada sebagian citra digital dengan menggunakan algoritma AES.
Kata Kunci : Enkripsi, Dekripsi, Citra, AES, Cropping.ABSTRACT: An evolution of information technology too rapidly causes information at the moment most valuable. Because of must be protected to the information with anything procedure. One of general procedure to protect is cryptography. Cryptography is branch of mathematical study which exploit process computation for scrambling data which objective for prevent side which not to allow or know for the data.
In this final project using symmetric algorithm AES, in which symmetric algorithm sender and receiver have to agreeing same key before communicate safely. Security level is depend on key. If we want communicate safely the key must be a secret.
This final project is to implement symetric AES to encrypt and decrypt half digital image that by user considered have important information, so time process for encryption and decryption will be faster. Image will be cropping first before cryptography processing to the cropped image. Cipher will be placed again to the plain so image become complete. Decryption process is inverse of encryption process.
For brute force attack, image that have size bigger than 20x20 pixel is more secure then 20x20 pixel. Processing time for image 20x20 pixel is faster than bigger and one layer image is faster than three layer image. Result of this system implementation is how this system can encrypt the image with time process as faster as possible and high level security. To implement encryption for half digital image using AES algorithm.
Keyword: AES, encryption, decryption, image, cropping.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

IMPLEMENTASI ENKRIPSI SEBAGIAN CITRA DIGITAL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZKI ARDIANSYAH
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini