Studi Perencanaan Teknologi ASON Dengan Pendekatan Aspek QoS

Erna Pratiwi

Informasi Dasar

111030015
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Optical backbone network, yang saat ini didominiasi dengan perangkat SDH tidak cocok untuk mendukung perkembangan yang cepat akan kebutuhan trafik. Perkembangan trafik tersebut diikuti pula dengan bertambah dan meluasnya jaringan yang harus digelar. Kebutuhan untuk melakukan provisioning jaringan secara otomatis pun diperlukan untuk mengganti resource jaringan yang tersedia saat ini, dimana proses provisioning dilakukan secara manual.
Salah satu solusi yang dapat digunakan yaitu menggunakan konsep Automatically Switched Optical Networks (ASON). Teknologi ASON merupakan platform teknologi yang dirancang untuk menjawab permasalahan survivabilitas dan optimasi kapasitas pada jaringan berbasis optik dengan metode topologi yang dinamis.
Sebagai teknologi yang masih dalam pengembangan pada jaringan transmisi, maka teknologi berbasis ASON merupakan sebuah peluang sekaligus tantangan bagi operator jaringan dalam hal pengetahuan baru akan teknologi, aplikasi dan OMAP. Pada Tugas Akhir ini dilakukan simulasi perencanaan teknologi ASON dengan pendekatan aspek QoS yang mereduksi kompleksitas antara layer 0 (DWDM) dan layer 1 (SDH), dengan menerapkan mekanisme survive availability.
Dengan menganalisa QoS dari aspek delay propagasi, utilisasi link, dan persentase lost saat terjadi failure, menunjukkan bahwa mekanisme survive availability yang paling baik adalah 1+1 protection, dan yang paling jelek adalah no protection.Kata Kunci : ASON, QoS, survive availabilityABSTRACT: Optical backbone network, which today is dominated with SDH equipment, is not suitable to support the rapid growth toward the traffic needs. The growth of traffic is followed by the increase and the expansion of the network needed as well. The need to conduct network provisioning automatically is required to replace present network resource provided which provisioning process is conducted manually.
One of the solutions is the using of the concept Automatically Switched Optical Networks (ASON). ASON technology is a technology platform designed to answer the survivability and capacity optimation problem in optic based network with dynamic topology method.
As a technology that is still in transmission network improvement, thus ASON based technology is an opportunity and challenge for network operator in terms of new technology knowledge, application and OMAP. In this Final Project, ASON technology planning simulation is conducted with QoS aspect approach for reducing complexity between layer 0 (DWDM) and layer 1 (SDH), by applying survive availability mechanism.
With analysis QoS from the aspect of propagation delay, link utilization, and percentage of lost that happened the failure, indicating that the best survive availability mechanism is 1+1 protection, and worst is no protection.Keyword: ASON, QoS, survive availability

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Studi Perencanaan Teknologi ASON Dengan Pendekatan Aspek QoS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Erna Pratiwi
Perorangan
Hafidudin, Agnesia Candra Sulyani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini