Analisa Penggunaan Teknik SCM Pada Serat Multimode

Rosza Madina

Informasi Dasar

111030004
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sampai sekarang ini, data rate yang digunakan untuk LAN (Local Area Network) naik terus-menerus hingga mencapai angka 1 GHz, dan satu-satunya medium yang dapat menyalurkan data rate yang tinggi dengan redaman yang kecil adalah serat optik. Serat optik yang sering digunakan pada LAN adalah jenis multimode, akan tetapi serat ini mempunyai bandwidth-distance product kurang dari 500 MHz-km. Salah satu cara untuk menaikkan bandwidth-distance product adalah dengan menggunakan teknik SCM (Subcarrier Multiplexing), karena mengganti jenis serat multimode dengan singlemode membutuhkan biaya yang mahal.
SCM adalah sebuah teknik yang dapat memodulasikan sinyal data dengan frekuensi rendah ke frekuensi carrier yang lebih tinggi. Untuk mendapatkan efisien bandwidth, beberapa subcarrier frekuensi tinggi di-multipleks-kan sebelum dimodulasikan ke frekuensi optik. Teknik ini dapat membuat serat multimode mampu menyalurkan data rate yang lebih tinggi dengan kualitas yang baik.
Untuk mengetahui seberapa jauh teknik ini dapat memperbaiki performansi serat multimode, maka dilakukan analisa dan simulasi untuk berbagai jumlah subcarrier dengan parameter yang digunakan, sehingga dapat diketahui pengaruhnya terhadap BER dan daya terima. Pada simulasi dilakukan beberapa tipe sistem untuk menaikkan performansi pada transmisi dengan bit rate tinggi pada serat multimode. Modifikasi yang digunakan adalah format modulasi, nilai OMI (Optical Modulation Index), penggunaan carrier suppressing, dan perbedaan jarak antar kanal. Simulasi ini dilakukan dengan software Matlab 7.1.3.
Performansi dari sistem SCM pada serat multimode akan turun secara signifikan jika ada beberapa subcarrier yang terletak pada deep nulls dari serat. Terlihat bahwa sinyal dengan bit rate 2.5 Gbps dapat di-transmisikan sampai sejauh 5 km dengan 20 subcarrier.Kata Kunci : SCM (Subcarrier Multiplexing), serat multimode.ABSTRACT: Nowadays, the data rate that required for local area networks has increased dramatically to over 1 Gbps. The only medium which can support such high data rate with small attenuation is the optical fiber. However, optical fibers that are available in most LAN links are multimode fibers, which normally have a base band bandwidth-distance product less than 500 MHz-km. SCM (Subcarrier Multiplexing) is the alternative way to increasing bandwidth distance product in multimode fiber optic, since replacing the multimode fiber with a single mode fiber is generally too expensive.
SCM is a scheme that can modulate signal from low frequency into higher frequency. To get bandwidth efficiency, some high frequency sub-carriers are multiplexed in the RF domain and transmitted by a single wavelength. This technique make multimode fiber can transmit higher data rate with good quality.
For knowing how far this technique can improve the performance of multimode fiber, then on this final assignment is analyzed and simulated some number of sub-carriers with used parameters so it can be known the effect of number of sub-carriers at BER to power receive. This is followed by a discussion of subcarrier multiplexing (SCM) and types of system modifications for improving the performance of high bit-rate transmission on multimode fiber. The modification that is used is the different modulation format, the value optical modulation index, the use of carrier suppression, and the spacing between two adjustment channels. This simulation is made in Matlab 7.1.3.
The performance of the SCM multimode fiber system is presented, and the performance of the SCM system is significantly degraded if there are some sub-carriers located at the deep nulls of the fiber. It is shown that a signal with a bit rate of 2.5 Gbps can be transmitted over a distance up to 5 km with 20 sub-carriers.
Keyword: SCM (Subcarrier Multiplexing), multimode fiber.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisa Penggunaan Teknik SCM Pada Serat Multimode
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rosza Madina
Perorangan
Sugito, Bambang Setia Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini