Rancang Bangun Sistem Vehicle Tracking dengan memanfaatkan GPS receiver, GIS (Geographical Information System) dan SMS (Short Message Service)

Abdul Malik Yusuf

Informasi Dasar

111027309
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Untuk kelancaran, keamanan, dan manajemen objek atau target yang bergerak, diperlukan suatu sistem pengontrolan dan pengawasan objek tersebut dari tempat lain melalui jalur komunikasi secara jarak jauh. Salah satu contoh dari sistem pengontrolan dan pengawasan objek tersebut adalah aplikasi sistem pelacakan dan monitoring kendaraan. Aplikasi Teknologi tracking system yang berbasis teknologi Global Positioning System (GPS) dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan akan lebih berdayaguna, interaktif, dinamis, fleksibel ( powerful features, interactive, dinamic and user friendly ) jika berbasis teknologi Geographic Information Sytem (GIS). Sistem pengiriman data posisi pada sistem VTS dapat menggunakan sitem radio, satelit, dan layanan SMS dari operator selular.
VTS atau sistem pelacakan kendaraan merupakan aplikasi tracking system paling umum dan banyak digunakan dalam kehidupan masyarakat negara - negara maju. VTS bisa digunakan untuk kelancaran, kemanan, dan manajemen aset objek yang bergerak, sehingga dapat mendukung sistem opersional di suatu perusahaan atau instansi. VTS dengan menggunakan GPS receiver yang menerima data posisi kendaraan dari satelit, dan layanan SMS untuk mengirimkan data dari GPS serta GIS untuk visualisasi lokasi objek merupakan teknologi VTS yang relatif murah dan mudah dikembangkan.
Pada tugas akhir ini akan dirancang sistem VTS dengan memanfaatkan GPS receiver, GIS, dan SMS sebagai media pengiriman data posisi. Pada sisi pemantau dibuat software untuk pengolahan SMS dan pengolahan data posisi di peta digital dengan menggunakan software Visual Basic 6.0, MapInfo Profesional 6.0, dan MapBasic 6.5, serta menggunakan database Microsoft Access 2000. Perangkat pada sisi yang dipantau berbasis mikrokontroler sehingga lebih efisien dan mudah dalam pengembangannya. Pada tugas akhir ini dilakukan pengujian sistem VTS yang telah dirancang dan direalisasikan, di beberapa lokasi di sekitar kampus STTTelkom Bandung. Dari pengujian tersebut dapat dikatakan sistem yang dibuat dapat beroperasi sesuai rancangan.Kata Kunci : VTS, GIS, SMS, Mikrokontroler, GPSABSTRACT: For fasting, securing, and managing object or moving target, need a control system and object monitoring from other place through faraway communication. Tracking system and vehicle monitoring is an example of control system and object monitoring application. Tracking system technology based on Global Positioning System (GPS) can be a complete solution for control system and object monitoring, it can be more powerfull , dynamic, interactive, and user friendly if it is combined with Geographic Information Sytem (GIS) technology. There are many transmission medium for sending data position on VTS system, in example radio, sattelite, and SMS service from ceelular operator.
VTS (Vehicle Tracking System) is an tracking system application that commonly use in many modern countries. VTS can be used for fasting, securing, and managing object or moving target, moreover VTS support operational system in many companies.VTS uses GPS receiver that receive current vehicle possition from sattelite, and then SMS service send the data , while the GIS visualize object location. All of that are integrated system with low cost and easy to develop.
This final project will plan a VTS system using GPS receiver, GIS, and SMS as a sending media for data position. Monitoring system have some component, like SMS processing software , and data position processing software included Visual Basic 6.0, MapInfo Profesional 6.0, dan MapBasic 6.5, database Microsoft Access 2000. Device on the observed site base on microcontroller, so it can be maee easily, and efficiently. In this final project was tested VTS system that have been designed and applied, in several location around STTTelkom Bandung Campus .Base on the test result, system have been made working properly.Keyword: VTS, GIS, SMS, Mikrocontroller, GPS

Subjek

other
 

Katalog

Rancang Bangun Sistem Vehicle Tracking dengan memanfaatkan GPS receiver, GIS (Geographical Information System) dan SMS (Short Message Service)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Abdul Malik Yusuf
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini