Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Untuk Memberikan Informasi Sarana Umum

Adam Cp

Informasi Dasar

111020330
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Location Based Service (LBS) adalah salah satu bentuk layanan-layanan yang diberikan berdasarkan letak suatu perangkat atau orang. Layanan ini merupakan bentuk layanan yang bereaksi aktif terhadap perubahan entitas posisi sehingga mampu mendeteksi letak objek dan memberikan layanan sesuai dengan letak objek tersebut.
Dalam tugas akhir ini akan direncanakan suatu aplikasi LBS yang dapat menampilkan peta dan menyampaikan informasi sarana umum yang diinginkan user berdasarkan posisinya. Tugas akhir ini akan lebih membahas pada bagaimana menghasilkan suatu aplikasi LBS yang mampu memberikan kenyamanan dalam transfer data dan biaya yang rendah sehingga dapat menguntungkan dan berguna bagi banyak orang.
Aplikasi ini akan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME untuk menampilkannya pada handphone. Sedangkan untuk pengiriman informasi dari server(localhost) ke client (handphone) menggunakan XML dan penyimpanan data pada server menggunakan dan PHP- MySQL. Keuntungan aplikasi ini antara lain :
User dapat mengetahui informasi sarana umum mall yang diinginkan secara lebih cepat, lengkap dan murah (seperti alamat, telepon, jam buka dan tutup, iklan sale/obral, dsb) dibandingkan dengan dari 108 (penerangan), GPS, koran dan selebaran.
Informasi yang ditampilkan dapat di-update.
Handphone yang digunakan tidak perlu menggunakan sistem GPS, sehingga diharapkan hampir semua perangkat handphone yeng sesuai dapat mengakses aplikasi ini.
Kata Kunci : Location Based Service (LBS), J2ME.ABSTRACT: Location Based Service (LBS) is one of services form based on position of peripheral or person. This service can responding the change of position so it can detect object position and give service according its position. In this Final Project will be planned an application of LBS which able to present map and give publik facilities information which wanted by user according its position. This Final Project will discuss about how to make an application of LBS capable to give pleasure and low cost in data transfer so that can profit and good for many people.
This application will be made by J2ME programming to presenting at handphone. While for the information transfer from server (localhost) to client (handphone) use XML and data stores at server use PHP- MySQL. Advantage of this application for example :
User can know publik facilities information of mall more quickly, cheap and complete (like address, telephone number, time of open and close, advertisement of sale or undercut, ect) compared with 108 (providing information), GPS, handout and newspaper
Information can updated
Handphone does not need GPS system so that expected many handphone can running this application.
Keyword: Location Based Service (LBS), J2ME.

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Aplikasi Layanan Berbasis Lokasi Untuk Memberikan Informasi Sarana Umum
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Adam Cp
Perorangan
A. Ali Muayyadi, Burhanuddin Dirgantara
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini