PERANCANGAN DAN SIMULASI APLIKASI PENGAWASAN DENGAN MOTION JPEG STREAMING MENGGUNAKAN J2ME

AGUS RIYANTO

Informasi Dasar

111020314
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi selular yang sangat berkembang saat ini memungkinkan adanya layanan data yang berkecepatan tinggi (high datarate). Sehubungan dengan hal tersebut maka dibuat suatu aplikasi surveillance system yang memanfaatkan handphone sebagai alat untuk mengawasi suatu lokasi yang telah dipasangi kamera pengawas. Sistem ini nantinya diharapkan lebih memberikan kemudahan bagi pengguna karena dapat mengawasi atau melihat kondisi suatu lokasi yang telah dipasangi kamera pengawas tanpa harus berada di lokasi tersebut, sehingga kita bisa mengawasi kapan saja dan di mana saja.
Dengan hadirnya teknologi Java yang dapat melayani berbagai macam aplikasi internet pada handphone, termasuk multimedia streaming over IP, aplikasi ini dibuat dengan bahasa pemrograman J2ME, sehingga dapat digunakan pada handphone dengan Java enabled. Aplikasi ini menampilkan gambar yang diambil dari server yang terhubung dengan kamera pengawas. Dengan menggunakan bantuan software penangkap gambar, gambar ditangkap sesuai dengan interval waktu yang telah ditentukan dan disimpan menggunakan format JPEG, untuk kemudian diupload oleh server, sehingga dapat diakses melalui handphone dengan teknologi GPRS. Proses pengambilan gambar secara motion JPEG streaming yaitu gambar yang telah ditangkap dan diupload oleh server, dilakukan pengambilan oleh handphone untuk ditampilkan di layar handphone secara periodik sesuai dengan interval waktu yang ditentukan dalam program. Sehingga perubahan kondisi lokasi yang ditangkap oleh kamera seiring dengan perubahan waktu, dapat dilihat dilayar handphone.Kata Kunci : J2ME, Motion JPEG Streaming, HandphoneABSTRACT: Nowadays, cellular technology is very develop so enable existence of high-speed data service ( high datarate). According to all above so an application of surveillance system is made which using handphone as a device to observe a location which have set of a surveillance camera. Later this system can be expected give more amenity for user because it can observe or see condition of a location which have set of a surveillance camera without having to reside in the location, so that we can observe any time and any where.
By attending of Java technology which can serve assorted of internet application for handphone, included of multimedia streaming over IP, this application made with J2ME programming, so that it can be used for handphone with Java Enabled. This application appearing image which is downloading from server with surveillance camera. By using a software image capture, image is captured according to time interval which have been determined and save it using JPEG format, and then uploaded by server, so that it can be accessed through handphone with GPRS technology. Capturing image process using motion JPEG Streaming that is picture which have captured and uploaded by server, and then downloaded by handphone to be appeared on handphone screen in periodical as according to time interval determined in program. So that change of location condition which have captured by camera appropriate with time change, can be seen on handphone screen.
Keyword: J2ME, Motion JPEG Streaming, Handphone

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

PERANCANGAN DAN SIMULASI APLIKASI PENGAWASAN DENGAN MOTION JPEG STREAMING MENGGUNAKAN J2ME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUS RIYANTO
Perorangan
Agus Virgono, Fazmah Arif Yulianto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini