ANALISA PERFORMANSI KAPASITAS KANAL MIMO PADA KANAL FADING RAYLEIGH DAN RICEAN

Buhman Walton Saragih

Informasi Dasar

111020285
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Performansi dari suatu sistem komunikasi ditentukan oleh medium atau kanal yang digunakan .Dalam beberapa tahun terakhir ini teknologi berbasis frekuensi radio (Radio Frequency) atau yang biasa disebut dengan sistem komunikasi wireless berkembang dengan pesat. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan konsumen yang cukup besar dari aplikasi teknologi ini. Sementara itu pada beberapa tahun ke depan layanan multi data rate akan menjadi sangat dominan. Dilihat dari kapasitasnya, layanan multi data rate ini akan membutuhkan kapasitas yang cukup besar. Salah satu teknologi yang dapat memenuhi layanan tersebut adalah MIMO (Multiple Input Multiple Output).
Pada tugas akhir ini akan memberikan penjelasan mengenai kapasitas sistem MIMO yang dibagi atas 2 kondisi kanal, yakni kondisi LOS (Line Of Sight) yang berdistribusi ricean dan kondisi NLOS (Non Line Of Sight) yang berdistribusi rayleigh. Masing – masing koefisien kanal dari 2 kondisi tersebut akan dibangkitkan dengan proses simulasi sesuai dengan parameter yang ditetapkan sebelumnya, kemudian diperiksa validitasnya sesuai dengan fungsi distribusi (pdf) masing – masing kanal tersebut, yakni distribusi rayleigh dan ricean.
Analisa dan hasil simulasi ini akan menunjukkan kapasitas kanal MIMO dengan berbagai kondisi user, baik diam atau bergerak, dan dengan kondisi pengetahuan kanal baik di sisi pengirim dan penerima (Channel State Information). Masing – masing perhitungan kapasitas kanal untuk kondisi tersebut akan disesuaikan dengan distribusi kanal yang dipakai, yakni pada kanal fading rayleigh dan ricean.Kata Kunci : Multipath Fading, MIMO, Kapasitas KanalABSTRACT: The performance of a communication system was defined by the medium or the channel that its used. In the last few years the technology of radio frequency or usually called with wireless communication has increased rapidly. It’s caused by some reason, one of them are the big necessary of application can be obtained by the consumer. from these things. Anyway, for the next few years the multi data rate service can be very dominant. This service needs the big sufficient capacity and, one of the technology can required this service is MIMO (Multiple Input Multiple Output).
This project will show an explanation about the capacity in MIMO system, which divided by 2 channel condition, they are LOS condition (Line Of Sight) which used ricean distribution and NLOS condition (Non Line Of Sight) which used rayleigh distribution. Each of them will generate by the simulation process which are properly with some parameters that has defined before, and then the validity of coefficient channel generation will be checked according to the curve of their pdf (probability distribution function).
The simulation show the MIMO channel capacity with difference user condition like motionless or make any movement with difference velocity, and the channel information on the receiver or transmitter (Channel State Information). Each measurement about channel capacity with the expected condition will appropriated with the used channel distribution, they are rayleigh fading channel and ricean fading channel.Keyword: Multipath Fading, MIMO, Channel Capacity

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA PERFORMANSI KAPASITAS KANAL MIMO PADA KANAL FADING RAYLEIGH DAN RICEAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Buhman Walton Saragih
Perorangan
Bambang Sumajudin, Arfianto Fahmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini