PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ANDON UNTUK MAINTENANCE DALAM MANUFACTURING DI PT FENG TAY

Ruhimat Fauzia Akbar

Informasi Dasar

111020240
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Optimalisasi dan efisiensi proses produksi dalam manufaktur merupakan faktor yang sangat penting, terutama untuk menghasilkan barang yang berkualitas dengan proses produksi yang tepat waktu sesuai dengan keinginan konsumen atau buyer. Oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk mengimplementasikannya melalui penggunaan rancangan sistem komunikasi yang dapat memberikan informasi cepat dalam mengatasi permasalahan manufakturing.
Dalam tugas akhir ini akan dibuat sistem andon yang memiliki kemampuan dalam memonitoring kegiatan produksi dengan memberikan informasi berupa alert yang ditandai dengan menyalanya panel LED, berbunyinya sistem audio dan munculnya informasi kerusakan pada PC. Selain itu sistem juga mampu memberikan informasi tentang kegiatan yang terdiri dari target produksi, downtime mesin dan proses.
Sistem ini terdiri dari box mikrokontroler, dengan AT89S52 sebagai komponen utama ditambah komponen pendukung lainnya, panel LED yang digunakan sebagai prototipe di lapangan, serta display dan audio pada PC. Pemograman mikrokontroler menggunakan bahasa assembly, serta untuk display di PC menggunakan visual basic.
Kata Kunci : sistem andon, mikrokontroler AT89S52, downtime mesin dan prosesABSTRACT: Optimalitation and efficiency of Production process in manufaktur represent factor which of vital importance, especially to yield goods which with quality with timely production process suit fancy consumer or buyer. Therefore be needed by an effort for implementation of through use of device of communications system which can give information quickly in overcoming problems manufacturing.
In this final task will be made a system andon owning ability in activity monitoring produce by giving information in the form of alert marked with blazing of LED panel, the sound of system of audio and appearance of damage information at PC. Others the system also able to give information about activity which consisted of by a goals produce, downtime machine and downtime process.
This system consisted of box mikrokontroler, with AT89S52 as added especial component of other supporter component, LED panel which used as prototype in field, and also be displayed and audio at PC. Mikrocontroller programing use assembly language, and also to be displayed in PC use visual basic.Keyword: andon system, mikrocontroller AT89S52, downtime machine and process

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM ANDON UNTUK MAINTENANCE DALAM MANUFACTURING DI PT FENG TAY
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ruhimat Fauzia Akbar
Perorangan
M. Ary Murti, M. Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini