ANALISIS PERFORMANSI MC-CDMA MENGGUNAKAN ANTENA SUSUNAN ( Performance Analysis of MC-CDMA Using Array Antenna )

MAMAN SARMAN

Informasi Dasar

111020223
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan transmisi data maupun suara dengan data rate tinggi saat ini pada jaringan nirkabel menjadi bahasan pokok dalam mempersiapkan teknologi masa depan. CDMA menjanjikan kualitas seperti yang diinginkan, misalnya daya rendah, cakupan yang luas, dan kapasitas yang besar. Di sisi lain, penggunaan multi-carrier seperti OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplex), untuk mengatasi frequency selective fading terus dikembangkan. Guna meningkatkan kemampuan dan mengakomodasi keuntungan dari CDMA serta OFDM yang telah disebutkan sebelumnya, MC-CDMA (Multi-Carrier Code Division Multiple Access) dikembangkan.
MC-CDMA merupakan teknologi komunikasi digital wireless yang dipersiapkan untuk generasi yang akan datang. MC-CDMA memiliki kehandalan dalam lingkungan propagasi multipath, dengan kemampuannya mengatasi frequency selective fading, dan dengan pemakaian carrier yang orthogonal dapat meningkatkan efisiensi spektral. Penggunaan sistem MC-CDMA yang sudah cukup baik dapat ditingkatkan kinerjanya dengan menerapkan antena susunan. Penggunaan antena susunan yang menggunakan beberapa elemen antena untuk beamforming, akan membantu untuk memisahkan sinyal yang diinginkan dari sinyal penginterferensi. Penelitian dilakukan untuk meneliti penggunaan antena susunan pada sistem MC-CDMA dan menganalisa kinerja sistem dalam lingkungan fading. Algoritma adaptif yang digunakan untuk pembobotan antena dalam penelitian ini adalah algoritma Least-Mean Square (LMS). Selain itu dianalisis pola radiasi antena dengan menggunakan empat, enam dan delapan elemen antena susunan pada receiver. Kemudian diperhitungkan pengaruh dari kecepatan user dan user penginterferensi terhadap kinerja sistem.
Hasil simulasi membuktikan bahwa dengan menggunakan antena susunan yang lebih banyak pada sistem MC-CDMA untuk target BER akan lebih baik dalam meningkatkan kinerja sistem MC-CDMA dibandingkan penggunaan jumlah antena yang sedikit. Tetapi kecepatan user yang tinggi dan banyaknya user pengintereferensi dapat menurunkan kinerja dari sistem.Kata Kunci : ABSTRACT: Requirement of data transmission and also voice with data of rate high in this time [at] network of nirkabel become fundamental discussion in drawing up future technology. CDMA promise quality [is] such as those which wanted, for example low energy, wide [of] coverage, and big capacities. On the other side, usage of multi-carrier like OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplex), to overcome fading selective frequency continues to be developed. Utilize to improve ability and accommodate advantage of CDMA and also OFDM which have been mentioned previously, MC-CDMA ( Multi-Carrier Code Division Multiple Access) developed.
MC-CDMA represents digital communications technology [of] wireless drawn up for generation to come. MC-CDMA have mainstay in environment of propagation multipath, ably overcome fading selective frequency, and with usage of carrier which [is] orthogonal can improve efficiency of spectral. Usage of system of MC-CDMA which have good enough can be improved [by] its performance by applying formation antenna;. Usage of formation antenna; using some antenna; element for beamforming, will assist to dissociate wanted signal of penginterferensi signal. Research [done/conducted] to check usage of formation antenna; [at] system of MC-CDMA and analyze system performance in environment of fading. Algorithm of Adaptive used for the wight of antenna; in this research [is] algorithm of Least-Mean Square (LMS). Besides analyzed [by] pattern of radiasi antenna; by using four, six and eight formation antenna; element [at] receiver. [Is] later; then reckoned [by] influence of speed of and user of user penginterferensi to system performance
Result of simulation prove that by using formation antenna; which is more [at] system of MC-CDMA for the goals of BER will be more be good in improving system performance of MC-CDMA compared to usage of antenna; amount which a few/little. But speed of high user and to the number of pengintereferensi user can degrade performance of systemKeyword:

Subjek

other
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI MC-CDMA MENGGUNAKAN ANTENA SUSUNAN ( Performance Analysis of MC-CDMA Using Array Antenna )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MAMAN SARMAN
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini