PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING RADIO NETWORK BERBASIS WEB DAN SMS DI PT TELKOMSEL Design And Implementation Radio Network Monitoring System Base On Web And SMS At PT Telkomse

Angka Purwa Ari Wijaya

Informasi Dasar

111020197
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam sebuah perusahaan operator telekomunikasi selular stabilitas jaringan radionya sangat diperlukan untuk mendukung pemberian layanan terbaik bagi para pelanggannya. Keberadaan jaringan ini harus selalu dimonitor agar setiap terjadi gangguan stabilitas jaringan baik yang disebabkan karena kerusakan perangkat atau adanya gangguan pada power supply bisa segera diketahui dan ditindaklanjuti secepatnya. Semua informasi gangguan pada jaringan radio ini sudah terintegrasi dalam sebuah server yang disebut OMC Server. Informasi dari server ini selalu dimonitor oleh teknisi yang berada pada unit OMC (Operation and Maintenance Centre) yang selanjutnya informasi ini akan diteruskan ke teknisi yang berada di lapangan apabila diperlukan pembenahan secara onsite.
Pada prakteknya para teknisi OMC memonitor jaringan melalui OMC server secara bergilir (shift) dan dilakukan terus-menerus selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Karena semua aktifitas ini harus dilakukan di kantor dan harus kerja bergilir menyebabkan jumlah teknisinya pun terbatas. Selain itu untuk melaporkan terjadinya gangguan atau kerusakan (alarm) kepada teknisi di lapangan masih menggunakan telepon (voice) yang tidak efisien.
Pada Tugas Akhir ini dibuat sebuah sistem monitoring berbasis Web dan SMS (Short Message Service) untuk meningkatkan stabilitas jaringan khususnya jaringan radio.
SMS (Short Message Service) dan Web diharapkan dapat mempercepat pemberitahuan terjadinya gangguan atau kerusakan (alarm) pada level tertentu kepada teknisi di lapangan melalui SMS. Kemudian monitoring melalui Web akan menampilkan semua gangguan atau kerusakan (alarm) yang pernah terjadi, sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk pembuatan laporan log terjadinya gangguan atau kerusakan (alarm) bahkan dalam bentuk statistik. Sedangkan untuk mengetahui status terakhir dari site tertentu bisa menggunakan request SMS dari nomor handphone teknisi atau managernya yang terdaftar sehingga aplikasi akan mengirimkan informasi status terakhir dari site yang diminta.
Kata Kunci : alarm, SMS, Web.ABSTRACT: On a cellular communication business radio network stability is needed to support the best services to their subscribers. The network has to be monitored so if the stability problems occur are either caused by broken equipments or power supply damage will be known sooner and be repaired so fast. All the problems in radio network have been integrated in a server called OMC (Operation and Maintenance Centre) server. Information from the server are always monitored by an OMC engineer and further report the information to field engineer if needed for repairing onsite.
In reality OMC engineers are monitoring the network by OMC server shifted and continuously for 24 hours a day and 7 days a week. Since, all the activities have to be done in office and shifted caused field engineers were limited. In addition to report the damages occur or alarm to the field engineers by phone is inefficient.
In this final assignment is made a monitoring system based on Web and SMS (Short Message Service) to increase the network stability especially radio network.
SMS (Short Message Service) and website furthermore can be expected to accelerate giving information or alarm on certain level to field engineers by SMS. Afterwards monitoring pass through the website will show all the problems or alarms had been occurred, so the information can be used to make damages or alarms log report even on statistic. The other way to know the last status from the certain site can use SMS request from the engineer cell phone number or the manager which has been listed so the application will send the last status information from requested site.
Keyword: alarm, SMS, Web.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM MONITORING RADIO NETWORK BERBASIS WEB DAN SMS DI PT TELKOMSEL Design And Implementation Radio Network Monitoring System Base On Web And SMS At PT Telkomse
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Angka Purwa Ari Wijaya
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Agung DarmawanS kom.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini