ANALISA DAN SIMULASI TRAFFIC MONITORING KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN MULTISTATIC RADAR

MUHAMMAD IRFAN LUBIS

Informasi Dasar

111020174
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan tingkat mobilisasi masyarakat yang semakin tinggi, transportasi merupakan kebutuhan primer untuk mengatasi jarak dan waktu yang sangat berharga. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut para produsen kendaraan bermotor pun meningkatkan jumlah produksinya. Seiring dengan peningkatan daya beli masyarakat dan banyaknya kemudahan untuk kredit kendaraan bermotor tanpa didukung dengan penambahan sarana transportasi yang memadai, maka volume kendaran bermotor tiap hari semakin meningkat. Volume kendaran bermotor yang tinggi ini menyebabkan angka kemacetan semakin meningkat.
Solusi yang dapat ditawarkan adalah dengan memperlebar jalan atau dengan pengoptimalisasian jalan. Untuk memperlebar jalan dibutuhkan dana yang tidak sedikit jumlahnya, sedangkan optimalisasi akan lebih efisien daripada memperlebar jalan. Optimalisasi ini akan memerlukan suatu alat yang dapat memonitor volume trafik terutama pada jalan-jalan yang volume trafiknya padat dan tidak dapat diprediksi. Salah satu cara untuk memonitor volume trafik kendaraan bermotor tersebut adalah dengan menggunakan multistatic radar. Multistatic radar adalah sistem radar yang memisahkan penempatan beberapa transmitter dan receiver di lokasi yang berbeda. Sistem radar pasif ini bekerja berdasarkan radiasi gelombang yang dipancarkan oleh transmitter secara kontinyu, sinyal tersebut dipantulkan oleh objek dan diterima di receiver. Sinyal pantulan yang diterima di receiver adalah sinyal yang telah berubah frekuensi, amplitudo, dan fasanya akibat pengaruh dari kecepatan dan arah pergerakan dari objek relatif terhadap transmitter, dan posisi dari objek relatif terhadap transmitter dan receiver. Informasi perubahan frekuensi, amplitudo, dan fasa ini digunakan untuk memperkiraan jenis, kecepatan, dan arah pergerakan dari objek.
Berdasarkan hasil analisa dapat disimpulkan bahwa sinyal yang diterima oleh receiver memiliki karakteristik amplitudo, frekuensi, dan beda fasa tersendiri. Karakteristik tersebut sangat dipengaruhi oleh setiap perubahan keadaan kanal pada selang waktu tertentu, dimana keadaan kanal ini dipengaruhi oleh jenis dan mobilisasi setiap objek. Keakurasian sistem ini dalam menerima sinyal pantul dari titik yang dimodelkan adalah 37.5%, dengan requirement ketidakstbilan osilator maksimummum adalah 80 Hz.Kata Kunci : -ABSTRACT: Along with the raising of people mobilization level, at present time, transportation is become one of primary needs to overcome distance and valuable time. In this situation, the producers of vehicles are gaining their products to fulfill the needs. And along with the easiness of having credit, cause more people are able to have their own vehicles. As a result, the volume of vehicles are raising day by day. But unfortunately the increase of vehicles volume are not supported by proper infrastructure increase. Thus the traffic jam problem are become worse day by day.
The solution to overcome the situation are with road extension or road optimazing. Road extension requires much funds, while road optimazing requires less efficient funds than road extension. But road optimizing needs a tool that could monitor the traffic volume of road. One of the tools which can be used for volume traffic monitoring is multistatic radar. Multistatic radar is radar system that separates the location of the transmitter’s and the receiver’s at different places. This passive radar system operates with electromagnetic wave radiation, which is transmitted continually by the transmitter; then those transmitted signals are reflected by objects and received by the receiver. Those reflected signals, which are received by the receiver, are signals that have changed in frequency, amplitude and phase as a result of objects radial velocity and motion direction relative to the transmitter, and position of the objects relative to transmitter and receiver as well. In the end, those alterations information is used for estimating the type, velocity, and motion direction of objects.
According to the result of simulation analysis, it can be concluded that each received signals which are received by the receiver have their own characteristic in frequency, amplitude, and phase due to the condition of the channel where the condition of the channel are depend on the type and motion of each objects. The accuracy of the modeled system in receiving the reflected signals is 37.5%, while the maximum oscillator instability requirement is 80 HzKeyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA DAN SIMULASI TRAFFIC MONITORING KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN MULTISTATIC RADAR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD IRFAN LUBIS
Perorangan
Heroe Wijanto, Teha Tearalangi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini