ANALISA KINERJA VOIP PADA WLAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI DAN EMULASI

ARIF SEPTYANA

Informasi Dasar

111020169
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Wireless Local Area Network (WLAN) 2,4 GHz merupakan salah satu teknologi alternatif akses internet pada ISM (industry, scientifical, and medicine) band yang bersifat unlicensed dengan memiliki keunggulan dalam instalasi perangkat lebih mudah, cepat, fleksibel dapat menjangkau daerah dimana saja dan relatif lebih murah bila dibandingkan dengan teknologi kabel yang terbatas pada infrastruktur perusahaan telekomunikasi yang ada.
Kemudian untuk menyediakan layanan voice pada media wireless dengan kualitas yang baik bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan. Banyak sekali faktor-faktor yang bisa dianggap sebagai pelemah seperti error paket, delay dan jitter yang disebabkan karena adanya obstacle, pengaruh cuaca dan faktor-faktor lain. Untuk itulah diperlukan adanya perencanaan matang dalam pembangunan hubungan komunikasi pada VoIP melalui nirkabel.
Dalam penelitian tugas akhir ini, dimodelkan, dan disimulasikan estimasi kanal pada VoIP melalui wireless LAN(Local Area Network). Awalnya dibuat suatu arsitektur WLAN sederhana dengan menggunakan sebuah access point dan 3 buah endpoint, kemudian membuat emulasi dan simulasi model VoIP pada jaringan wireless LAN yang ada dengan dua kondisi LOS dan non LOS, tapi penekanan lebih banyak ke kondis LOS. Data dari hasil penelitian nantinya diolah sesuai dengan penentuan parameter QoS dalam VoIP seperti throughput, delay, jitter, packet loss, dan MOS. Nilai estimasi kapasitas kanal VoIP akan di dapat dengan membandingkan antara jumlah endpoint dengan nilai MOS pada saat call attemp.
Kata Kunci : -ABSTRACT: Wireless Local Area Network (WLAN) 2,4 GHz is one of alternative technology internet access on ISM (industry, scientifical and medicine) band which have unlicensed characteristic with low cost, easy, fast and flexible hardware instalation that can cover large area rather than cable which is bordered by telecommunication company infrastructure existing.
To get better voice services on wireless infrastructure is not easy to implement. There are so many factors that can give weaknesses, such as error packet, delay and jitter. It happens because of obstacle, weather and many more effect. So, it needs good qualified planning to develop VoIP communication through wireless.
This final project made model simulating and emulating VoIP capacity channel through wireless LAN. Firstly, make architecture wireless LAN planning with one access point and three endpoint clients. Then, build voice model emulation and simulation VoIP application on wireless LAN networks with two’s condition LOS and non LOS, but focusing on LOS condition. Result from the experiments calculated according to VoIP QoS parameter like throughput, delay, jitter, packet loss, and MOS. The mark of VoIP channel capacity estimation will be result with compared between endpoint and MOS while call attempt occur.
Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISA KINERJA VOIP PADA WLAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI DAN EMULASI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ARIF SEPTYANA
Perorangan
Hafidudin, Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini