ANALISIS EFEK MEDIA INDEPENDENT HANDOVER TERHADAP JARINGAN WIMAX DAN WLAN

Azhar Muttaqin

Informasi Dasar

111020156
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi wireless dewasa ini berkembang sangat pesat. Berbagai teknologi wireless telah dapat berkomunikasi tidak hanya untuk suara (voice), tetapi juga untuk gambar (video) dan data dengan tingkat mobilitas yang tinggi
Teknologi Broadband wireless access (BWA) yang telah ada seperti WiMAX dan WLAN menawarkan kepada user masing masing kelebihan karakteristiknya. Perubahan karakteristik antara jaringan WiMAX ke WLAN atau sebaliknya dapat mengakibatkan perubahan nilai terhadap bandwith dan delay propagasi sehingga menyebabkan penurunan Quality of Service (QoS) dan terganggunya performansi jaringan.
Media Independent Handover (MIH) terjadi pada user yang mengalami perpindahan antara jaringan WiMAX dan jaringan WLAN, dikenal juga sebagai vertical handover. Media Independent Handover memungkinkan terjadinya perpindahan user dengan mobilitas tinggi diantara jaringan data rate tinggi dan coverage area yang kecil dengan jaringan data rate rendah dan coverage area yang luas.
Pada Tugas akhir ini akan disimulasikan jaringan WiMAX dan jaringan WLAN dengan menggunakan bantuan program Network Simulator 2 (NS2), kemudian akan dianalisa mengenai performansi dan efek dari media independent handover antara jaringan WiMAX dan jaringan WLAN.
Kata Kunci : wireless, WiMAX , WLAN, Media Independent Handover.ABSTRACT: Nowadays, the development of wireless communication technology increases quickly. The variety of wireless technology is able to communicate not only for voice, but also for video and data with high mobility.
Broadband Wireless Access (BWA) technology existed such as WiMAX and WLAN offer their special characteristic. The change of characteristic between WiMAX network to WLAN or vice versa can cause the change of value toward bandwidth and delay propagation. Therefore, it causes Quality of Service (QoS) decline and network performance disorder.
Media Independent Handover (MIH) occurred to the user experiencing the movement between WiMAX network and WLAN network called vertical handover. Media Independent Handover enables the transfer of user with high mobility among high rate data network and narrow coverage area and also low rate network data and wide coverage area.
In this paper WiMAX and WLAN network was simulated by Network Simulator 2 (NS2) program, and then the performance and effect of Media Independent Handover between WiMAX network and WLAN network was analyzed.
Keyword: wireless, WiMAX , WLAN, Media Independent Handover.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS EFEK MEDIA INDEPENDENT HANDOVER TERHADAP JARINGAN WIMAX DAN WLAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Azhar Muttaqin
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, DR Rendy Munadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini