Analisa dan Simulasi Proteksi Lintasan Routing Dengan Menggunakan SRLG-disjoint Pada Jaringan WDM Mesh Untuk Mendukung Aplikasi IPTV Analysis and Simulation Path Protection Routing with SRLG-disjoint in WDM Mesh for Supporting IPTV Application

I Gusti Agung Segening Kemala Putra

Informasi Dasar

111020145
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Layanan komunikasi di masa yang akan datang akan sangat komplex sehingga membutuhkan saluran dengan delay yang rendah dan juga bitrate yang sangat tinggi. Berdasarkan data dari penelitian-penelitian yang dilakukan selama ini, jaringan yang ada sekarang ini tidak memungkinkan untuk ditumpangkan aplikasi yang membutukan bitrate tinggi, seperti IPTV yang membutukan bitrate sampai dengan 10 Mbps . Maka salah satu alternative jaringan fisik yang digunakan adalah dengan menggunakan kabel serat optik. Masalah utama dari kabel serat optik adalah gagal link akibat putusnya serat optik.
SRLG-disjoint merupkan solusi dari masalah perutingan di WDM mesh. Dengan menggunakan SRLG-disjoint akan didapatkan perbaikan jaringan yang sangat cepat dari gagal link tersebut. Pada perbaikan jaringan di WDM mesh digunakan pre-recovery yaitu dengan metoda path protection, karena dengan metoda ini restorasi yang dilakukan akan lebih cepat.
Pada Tugas Akhir ini menganalisis suatu model jaringan dengan beban seminimal mungkin dan dengan efisiensi juga reabilitas pembagian bandwidth trafik yang tinggi dengan menggunakan proteksi lintasan SRLG-disjoint pada jaringan WDM mesh.
Kata Kunci : IPTV, WDM mesh, SRLG-disjointABSTRACT: In the near future, communication services will have higher complexity level, which requires low delay channels and very high bitrates. Based on recent research results, network channels nowadays is not possible to be used as channels for applications which requires very high bitrates, such as IPTV which requires bitrates up to 10 Mbps. One alternative of such problems is to use physical network using fiber optic cables. One main deficiency of fiber optic is link fail due to severed fiber optic.
SRLG-disjoint is one of the solutions to solve WDM mesh routing problems. Using SRLG-disjoint will give several significant improvements over the link fail problems. Network recovery on WDM mesh is based on pre-recovery using path protection method, due to their low time cost.
This final task analyze a network model with the lowest possible load and efficiency while considering high bandwith distribution realiability using SRLGdisjoint path protection on WDM mesh network. Keyword : IPTV, Mesh WDM, SRLG-disjoint
Keyword: IPTV, Mesh WDM, SRLG-disjoint

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisa dan Simulasi Proteksi Lintasan Routing Dengan Menggunakan SRLG-disjoint Pada Jaringan WDM Mesh Untuk Mendukung Aplikasi IPTV Analysis and Simulation Path Protection Routing with SRLG-disjoint in WDM Mesh for Supporting IPTV Application
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Gusti Agung Segening Kemala Putra
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Nyoman Bogi Aditya Karna
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini