PEMBANGUNAN SISTEM VOTING BERBASIS CLIENT–SERVER MENGGUNAKAN J2SE – ORACLE10g

Fahmy Ferdian Dalimarta

Informasi Dasar

111020139
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Voting adalah sebuah metode penentuan keputusan yang dilaksanakan pada sebuah rapat atau pemilihan dengan mengumpulkan suara anggota, metode ini biasa dilakukan pada akhir kegiatan diskusi atau debat. Kegiatan pengumpulan suara tersebut kini sudah menjadi hal yang lazim dalam seluruh aspek kehidupan sosial. Ada beberapa kendala atau hambatan dalam penyelenggaraan voting, salah satu diantaranya adalah persiapan dalam penyelenggaraan voting tersebut yang terkadang memakan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit.
Dalam Tugas Akhir ini telah dibangun sebuah perangkat lunak yang mampu mengakomodir seluruh kegiatan pemungutan suara yang murni berbasis komputer. Selain hal tersebut, akan dianalisis pula performansi perangkat ini dalam beberapa parameter keadaan, sebagai contoh parameter perbandingan trafik dan waktu serta parameter-parameter keamanan jaringan terhadap kehandalan, keamanan, serta kerahasiaan dalam pengiriman dan pengolahan data.
Perangkat lunak ini dibangun dalam lingkungan berbasis Java 2 Standard Edition Development Kit 5.0 dan akan digunakannya Oracle Database 10g. Program Java yang dibangun menggunakan Graphical User Interface (GUI) sehingga tidak menyulitkan para pemilih. Pada fitur keamanan, Java 2 Standard Edition menawarkan beberapa fasilitas kemanan diantaranya adalah kriptografi, autentifikasi dan autorisasi, infrastruktur kunci publik, dll. Dengan adanya perangkat lunak ini, biaya pengeluaran dapat ditekan serta waktu dalam pelaksanaan pemungutan suara dapat dihemat, baik pada pemilihan skala kecil maupun skala besar, namun tetap mengedepankan prinsip-prinsip dasar pemilihan umum yakni kerahasiaan, keamanan, serta kehandalan perangkat.
Sistem voting yang dibangun pada penelitian ini mempunyai reliabilitas yang sangat baik, telah pula diuji dan mampu menangani transaksi dalam jumlah yang besar. Keamanan pada sistem voting ini juga telah diuji yakni kemampuan dalam perlindungan data terhadap serangan dari luar.
Kata Kunci : Voting, Java 2 Standard Edition DK 5.0, Oracle 10g, Graphical User Interface, Keamanan Jaringan.ABSTRACT: Voting is a method for a group such as a meeting or an electorate to make a decision or express an opinion, this method is usually used in the end of the discussion session or debate. There are several objections in the election or voting, one of them is preparation in the voting process itself, which sometimes will cost in exceeded time and budget.
In these Final Assessment has developed a software that could holds all pure computerbased election’s processes. In the other side, the performance of this software will also be observed in several condition parameters, such as traffic ratio, time ratio and also be observed the network security parameters terhadap reliability, security and confidentiality in the data transmission and data handling.
This software developed in the Java 2 Standard Edition Development Kit 5.0 environment and Oracle Database 10g. These Java program is utilized with Graphical User Interface (GUI) in order to make users feel comfort on accessing. In the security section, Java 2 Standard Edition offers several security facilities, for example, criptography, authentication dan authorization, public key infrastructure, and many more. These application will cuts the budget and time consuming whether in the small scale or wide scale voting or election process. But it’s still keeps the basic principal of the election such as confidentiality, security, and also application’s reliability, as the first rule to obeyed.
These voting system that developed in this research has very good reliability. It also has been tested to handle a big amount of the transaction. The security of the system also has been tested to face the intruder and attacker.
Keyword: Voting, Java 2 Standard Edition DK 5.0, Oracle 10g, Graphical User Interface, Network Security.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

PEMBANGUNAN SISTEM VOTING BERBASIS CLIENT–SERVER MENGGUNAKAN J2SE – ORACLE10g
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fahmy Ferdian Dalimarta
Perorangan
Ida Wahidah, Retno Novi Dayawati
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini