Simulasi Penanganan link kritis pada jaringan MPLS dengan Menggunakan Algoritma Routing Alternatif

Awang Hendrata

Informasi Dasar

111020131
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam usaha untuk menyeimbangkan beban trafik di jaringan, rekayasa trafik sangat dibutuhkan pada jaringan umumnya, di mana algoritma Djikstra selalu digunakan dalam pemetaan trafiknya. Namun penggunaan algoritma Djikstra menyebabkan beberapa sumber dari jaringan kelebihan beban. Untuk menyeimbangkan beban trafik pada jaringan maka diperlukan algoritma routing baru yang memberikan rute alternatif pada jaringan disaat algoritma Djikstra mengalami kelebihan beban pada jalur yang dilaluinya.
Pada tugas akhir ini dilakukan simulasi dan analisa layanan VoIP terhadap pemakaian algoritma Djikstra pada OSPF dan algoritma Adaptive pada jaringan MPLS. Parameter QoS yang dianalisa adalah packet loss, throughput, jitter dan delay tanpa mensimulasikan proses pensinyalan pada MPLS.
Hasil yang didapat dari simulasi menunjukan bahwa penggunaan algoritma adaptive dalam proses routing memberikan perbaikan performansi untuk delay, packet loss dan troughput sedangkan untuk jitter algortima Djikstra lebih baik. Untuk kondisi di mana algoritma Adaptive memiliki jalur rerouting dengan delay propagasi yang besar, terjadi penurunan performansi untuk parameter delay.
Kata Kunci : Multi Protocol Label Switching (MPLS), Voice over Internet ProtocolABSTRACT: In effort to balance traffic load in a network,traffic engineering is needed in network commonly, where the Djikstra algorithm always used in traffic mapping. However the use of Djikstra algorithm cause some source of network over load. To balance the traffic load, it’s need a new routing algorithm that give alternative route to the network when Djikstra algorithm path is over load.
In this final task, VoIP service simulation and analyze over the use of Djikstra algorithm in OSPF and Adaptive algorithm at MPLS have done. QoS parameters that analyzed are packet loss, throughput, jitter and delay without simulating MPLS signalling process.
The result of the simulation show that the use of Adaptive algorithm in routing process improve the performance for delay, packet loss and throughput,but for jitter it is better to use Djikstra algorithm. For the condition where Adaptive algorithm has rerouting path with big propagation delay, there is performance decreasement for delay parameter.
Keyword: Multi Protocol Label Switching (MPLS), Voice over Internet Protocol

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Simulasi Penanganan link kritis pada jaringan MPLS dengan Menggunakan Algoritma Routing Alternatif
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Awang Hendrata
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Ida Wahidah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini