Penentuan Posisi Mobile Station Dengan Menggunakan Metoda Angle of Arrival

Bambang Irawan

Informasi Dasar

111020127
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mobile positioning sudah banyak berkembang dari metode terdahulu yaitu Cell Based ID sampai dengan diketemukannya GPS yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Pada perangkat seluler fungsi tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan salah satunya ialah mencari pertolongan di saat darurat. Tidak seperti fixed telepon dimana posisinya sudah diketahui sebelumnya secara pasti, posisi MS berubah sesuai mobilitas pemakainya. Untuk mengetahui posisinya diperlukan perhitungan dengan metode dan parameter tertentu.
Tugas akhir ini membahas metode posisioning MS pada suatu cakupan BS. Metode yang diuji dalam tugas akhir ini adalah Angle of Arrival. Tiga buah BS yang melayani MS akan digunakan untuk menentukan posisi MS relatif terhadap salah satu BS yang ditetapkan sebagai BS referen. Pada dasarnya dengan menentukan sudut kedatangan sinyal dari BS ke MS cukup diperlukan 2 buah BS untuk menentukan posisi. Sudut kedatangan itu sendiri ditentukan dengan menggunakan metode algoritma MUSIC. Penggunaan maksimal 3 buah BS pada tugas akhir ini dimaksudkan untuk meningkatkan akurasi penentuan posisi MS. Pertama dilakukan pengukuran sudut kedatang sinyal terhadap BS 1 dan BS 2, dengan melakukan triangulasi posisi MS dapat ditentukan, demikian dilakukan hal yang sama berdasarkan BS 1 dan BS 3 serta BS 2 dan BS 3. Tiga buah hasil tersebut dirata-ratakan untuk mendapatkan posisi MS yang lebih akurat.
Pengujian dilaksanakan dengan program simulasi menggunakan perangkat lunak Matlab 7.5. Hasil yang diharapkan dari simulasi ini ialah dapat diketahui hubungan antara keakurasian dengan jumlah node (BS), dan pengaruh banyaknya user dalam wilayah layanan terhadap akurasi penentuan posisi. Hasil ini akan diperbandingkan dengan metode ToA yang sudah dilakukan pada tugas akhir lain.Kata Kunci : Angle of Arrival, Algoritma MUSICABSTRACT: Mobile positioning has been develop from method before it such as Cell Based ID until GPS wvhich have advantageand disadantage themselves. In celluler apparatus that function could be used for another function, one of them is finding help in emergency situation. Not like fixed phone where it’s position already known beforehand, MS position change with user mobility. To know it’s position we need calculation with such method and parameter.
This final task studying MS positioning method at an BS coverage. Method that will be tested in this final task is Angle of Arrival. 3 BS which service MS will be used to determine MS relative position to one of the BS which will be reference point. Fundamentally with determining signal AOA from BS to MS it’s enough with 2 BS. AOA itself determined withnusing MUSIC algorithm. Maximal usage of 3 BS in this final task is to increase accuracy of MS determining position. First we coduct measurement signal AoA based to BS 1 and BS 2 and triangulate, we also doing so to BS 1 and BS 3, and BS 2 and BS 3. then we have to find mean from 3 measurement to get more accurate position from MS.
Testing will be executed withsimulation program using software Matlab 7.6. result which we hoped from this simulation we will know relationship between accuracy and amount of node(BS), and influence amount of user in cove rage area with position determination accuracy. This result will be compared with TOA method which has been done in other final task.Keyword: Angle of Arrival, MUSIC algorithm

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Penentuan Posisi Mobile Station Dengan Menggunakan Metoda Angle of Arrival
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bambang Irawan
Perorangan
Heroe Wijanto, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini