SISTEM MONITORING KENDARAAN BERBASIS GPS DENGAN TRANSFER DATA VIA SMS (VEHICLES MONITORING SYSTEM BASED ON GPS AND DATA TRANSFER VIA SMS)

Tigor Bhramanta Oseanika

Informasi Dasar

111020114
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Baru-baru ini pemanfaatan aplikasi GPS telah berkembang di Indonesia seperti sistem untuk memonitor posisi, sistem navigasi, keperluan militer, dan lain sebagainya. Aplikasi GPS yang populer di Indonesia adalah sistem untuk memonitor kapal layar dan sistem untuk memonitor kendaraan. Sistem untuk memonitor kapal layar menjadi populer karena banyak kapal ilegal yang memaski perairan Indonesia tanpa ijin. Sistem lain yang sejenis adalah sistem monitor kendaraan, sistem ini digunakan untuk memonitor kendaraan perusahaan atau perorangan. Sistem yang digunakan secara perorangan misalnya sistem keamanan mobil. Sistem ini digunakan untuk menghindari pencurian mobil. Sedangkan perusahaan memerlukan sistem ini untuk mengetahui track mana saja yang dilewati dan posisinya, sehingga kendaraan perusahaan dapat lebih mudah di atur. Applikasi yang menggunakan sisiem ini seperti sistem monitoring BBM, monitoring Taxi, dan sebagainya.
Pada tugas akhir ini telah didesain dan direalisasikan applikasi GPS untuk untuk memonitor kendaraan. Alat ini terdiri dari dua bagian, bagian pertama sebuah alat yang diletakkan pada kendaraan. Bagian ini terdiri dari GPS, mikrokontroler, dan sebuah Handphone. Alat ini berfungsi untuk merekam posisi kendaraan yang dilacak dari GPS. Data disimpan di mikrokontroler dalam waktu tertentu, sedangkan Handphone digunakan untuk mentransmisikan data tersebut ke Handphone yang kedua. Bagian kedua terdiri dari Handphhone dan PC yang digunakan untuk menampilkan posisi kendaraan tersebut dalam gambar peta.
Setelah dilakukan beberapa tes dalam keadaan sebenarnya, sistem ini dapat bekerja dengan baik, map yang diambil dari Google Earth(software pemetaan) cocok dengan sistem yang dibuat, sistem dapat memberikan informasi posisi kepada pengguna dalam bentuk peta. Sistem ini masih memerlukan perbaikan seperti tambahan memori untuk kondisi yang tidak diduga, efisiensi program, dua arah komunikasi, dan tambahan fitur seperti sensor atau alat lain yang bisa ditambahkan.Kata Kunci : ABSTRACT: Nowadays GPS Application has been growth in Indonesia such as position monitoring system, navigation system, military, etc. GPS application that being popular in Indonesia are Vessel Monitoring System and Vehicle Monitoring System. Vessel Monitoring System is monitoring system that used by Indonesia Goverment to monitor vessel that sail in Indonesia teritory, it’s being popular because many illegal vessel that sail in Indonesia teritory. Another system is Vehicle monitoring system, this system used to monitor companies vehicles or personal’s vehicle. System application that used by personal such as Car Security System, this system needed to avoid car’s thief. The company need this system to get route or position vehicles in their area operation, so they can be easily to manage, application that used this system such as Fossil Fuel Distribution Monitoring System, Taxi Monitoring System, etc.
In this final assignment has been designed and realized GPS application for Vehicle monitoring. This device divide to two part, the first part of this device placed on vehicle that be tracked That consist of GPS engine, Microcontroller and a Handphone. This device used to record position and time vehicle that be tracked from GPS, The data is saved to microcontroller memory for certain time. SMS used to transmitted data from first device to second device. The second part of this device consist of handphone as receiver and PC used to display vehicle that be tracked on PC monitor as map.
After Several test in real condition, the system was work properly, the map that taken from Google Earth (Mapping Software) is suitable for this system, system can give position information to user in map format. The system need improvement such as additional memory for unpredictable condition, efficiency program, two way system communication, and addition fiture such as sensor or other system that can be embeded.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

SISTEM MONITORING KENDARAAN BERBASIS GPS DENGAN TRANSFER DATA VIA SMS (VEHICLES MONITORING SYSTEM BASED ON GPS AND DATA TRANSFER VIA SMS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tigor Bhramanta Oseanika
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini