DESAIN DAN IMPLEMENTASI MOBILE PAYMENT SYSTEM DENGAN TEKNIK SET DAN SOCKET J2ME

DESRIENALDO

Informasi Dasar

111020102
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Tugas akhir ini mengimplementasikan sistem Mobile Payment pada Mobile device menggunakan J2ME. Sistem ini merupakan solusi bagi mobilitas user yang menjadi masalah dalam transaksi jual-beli. Sistem ini dibuat dengan tidak mengabaikan faktor keamanan transaksi, biaya transaksi, dan performansinya. Teknik SET, yang sudah terbukti handal dalam mengamankan transaksi elektronik pada aplikasi fix internet digunakan untuk menjamin keamanan dalam sistem ini. Namun teknik ini mengalami modifikasi Karena keterbatasan Mobile device yang belum bisa menyamai perangkat fix. Pengiriman data menggunakan teknologi GPRS, pertukaran data menggunakan teknik socket TCP.
Aplikasi Mobile Payment ini akan diimplementasikan pada emulator dan Mobile device. Pengimplementasian pada Mobile device digunakan untuk mengukur parameter expected behaviour dan keamanan dari segi keaslian server. Pengimplementasian pada Mobile device digunakan untuk mengukur performansi dari segi end-to-end delay nya.
Dari hasil pengujian yang dilakukan, teryata system dapat membedakan server palsu dan asli menggunakan SET. Dari segi performansi end-to-end delay/RTT masih berada dalam range yang ditolerir dari GPRS Indosat M3 untuk pengujian sebanyak 5 kali. RTT yang di butuhkan sebelum sesi terbentuk berkisar 10 kali lebih lama dibandingkan setela sesi terbantuk.Kata Kunci : Kata kunci : Mobile Payment, J2ME, SET, Teknik socketABSTRACT: This final project Implement a Mobile Payment system into Mobile device that is developed with J2ME. This system is solution for mobility that become problem in trading transaction. This system focuses for how secure, price, and performance is it. The famous SET technic securing internet electronic transaction had part in building this system. But the complex SET unable to build this system because of limited function of Mobile device, so SET is modificated. Data communication in this system is managed by socket programming technic and use GPRS.
Mobile payment system has been implementing on wireless emulator and Mobile device. Mobile payment system wich planted in mobile Device suppose to know the expected behaviour and system security that knowing the coect server.
System testing shows the system could idrrentify both the fake server and the right server. Five sample of testing shows that the performance of Mobile Payment system stay in the right range of end-to-end delay from indosat M3. It also show the different between the delayed of starting session is ten times than running session.Keyword: Keyword: Mobile Payment, J2ME, SET, Socket programmin

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI MOBILE PAYMENT SYSTEM DENGAN TEKNIK SET DAN SOCKET J2ME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DESRIENALDO
Perorangan
Agus Virgono, Gunawan Adi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini