Analisa Unjuk Kerja Orthogonal Space Time Block Code Pada Multi Antena Pemancar Melalui Kanal Time-Selective Fading

Saut Martua Tamba

Informasi Dasar

111020100
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan konsumen akan layanan komunikasi saat ini terus meningkat,baik layanan suara maupun data,khususnya dalam komunikasi wireless. Hal ini mendorong industri-industri komunikasi wireless beralih ke teknologi yang mampu untuk meningkatkan laju data dan juga kualitas yang tinggi . Salah satunya adalah dengan teknologi multi antena pemancar yang dipadukan dengan teknik pengkodean Orthogonal Space Time Block Code (OSTBC). Kebanyakan penelitian pada OSTBC dengan multi antena pemancar ini mengasumsikan bahwa kondisi kanal tidak berubah sepanjang perioda OSTBC (quasi static).
Pada tugas akhir ini diteliti performansi OSTBC dengan multi antena pemancar pada kanal time-selective frequency flat,dimana kondisi kanal berubah dari simbol ke simbol (non-quasi static). Perubahan kondisi kanal ini disebabkan oleh efek Doppler (pergerakan penerima). Jumlah antena pemancar yang digunakan adalah dua dan tiga antena dengan satu antena penerima.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa performansi tiga antena pemancar akan lebih baik sekitar 4 dB dibandingkan dengan dua antena pemancar pada kecepatan penerima yang rendah (3 km/jam). Tetapi,semakin cepat pergerakan penerima (120 km/jam sampai 250 km/jam) maka performansi tiga antena pemancar akan lebih buruk sekitar 3 dB.
Kata Kunci : quasi-static , multi antena, orthogonalABSTRACT: The consumer’s necessity for communication services keep on increasing,indeed voice as well as data,especially in wireless communication. It encourages wireless communication industries changes view to technology that be able to increase quality and high data rate. For example is multiple transmit antenna technology that combines Orthogonal Space Time Block Code (OSTBC) coding technique. Mostly,OSTBC research with multiple transmit antenna assumes that channel doesn’t change along OSTBC symbol period (quasi static).
In this final task,OSTBC multiple transmit antenna’s performance is researched over time-selective frequency flat fading channel,that channel changes from symbol to symbol (non quasi static). This change is caused by Doppler efect (receiver motion). The sum of trasmitter antenna used is two and three with single receiver.
The simulation result shows that three trasmitter antennas performance consederation to two transmitter antennas is better about 4 dB to low speed (3 kmph). But,if the receiver speed increases (120 kmph to 250 kmph),the performance of three transmitter antennas is worse about 3 dB.
Keyword: quasi-static, orthogonal, multiple antenna

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisa Unjuk Kerja Orthogonal Space Time Block Code Pada Multi Antena Pemancar Melalui Kanal Time-Selective Fading
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Saut Martua Tamba
Perorangan
Rina Pudji Astuti, Budi Prasetya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini