Reduksi Efek Cross-Polarization Pada Sistem Transmisi Satelit Dual-Polarization Menggunakan Metode ICA (Independent Component Analysis) ( Reduction Of Cross-Polarization Effect On Sattelite Transmision In Dual-Polarization Using Independent Component Anal

FERY BACHTIYAR EFFENDI

Informasi Dasar

111020079
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam meningkatkan kapasitas pada sistem transmisi satelit, dapat dilakukan dengan menggunakan teknik dual-polarization pada antena penerima dan antena pengirim. Sehingga dengan teknik dual-polarization dapat meningkatkan kapasitas menjadi dua-kali lipat dibandingkan dengan menggunakan satu polarisasi saja.
Masalah yang terjadi dengan dual-polarization ini adalah, terjadinya crosspolarization atau terjadi informasi yang saling tumpang tindih yang diakibatkan oleh molekul-molekul yang ada di atmosfer ketika sinyal informasi dikirimkan ke penerima. Molekul-molekul atmosfer yang menyebabkan cross-polarization adalah raindrops dan kristal es.
Metode Independent Component Analysis (ICA) digunakan untuk memisahkan informasi yang saling tercampur menjadi informasi yang saling independent satu sama lainnya sehingga kesalahdeteksian dapat diatasi. Pada Tugas Akhir ini akan dibuat suatu simulasi yang dapat mengukur performansi ICA dalam meningkatkan kinerja link satelit.
Diharapkan dalam implementasi perangkat lunak ini metode Independent Component Analysis (ICA) mampu mengatasi adanya cross-polarization pada link satelit. Dalam Tugas Akhir ini juga digunakan algoritma FastICA dalam mempercepat komputasi untuk memisahkan sinyal yang saling tercampur. Hasil evaluasi dari simulasi ini akan mengukur nilai Cross-Polarization Discrimination (XPD), Cross-Polarization Isolation (XPI) dari dualpolarization tersebut, kesamaan antar sumber serta waktu konvergensi algoritma FastICA dalam pemisahan sinyal tercampur.Kata Kunci : ABSTRACT: To increases the capacity in satellite transmission system, it can be done by dualpolarization technic in transmitter antenna and receiver antenna. So, with this technic the capacity can be increased into double capacity than single polarization only.
The problem which happen with dual-polarization tecknic is, cross-polarization effect or there are informations which cross each other which caused by molecules on the atmosphere when the information signals are transmitted to receiver. Molecules on the atmosphere which causes cross-polarization are raindrops and ice crystal.
Independent Component Analysis (ICA) method used for separates information which mixed each other become the information which independent so the detection error can be solved. In this Final Project will be made simulation which can measure ICA performance to improve satellite link performance.
In this software implementation, Independent Component Analysis ( ICA) method will be expected can solve the cross-polarization in satellite link. In this Final Project, it is also use FastICA algorithm to quicken of computation for separates the mixed signal. The evaluation result of this simulation will measure Cross-Polarization Discrimination (XPD) value, Cross-Polarization Isolation (XPI) value of that dual-polarization, Auto-correlation inter sources and the convergence time of FastICA algorithm.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

Reduksi Efek Cross-Polarization Pada Sistem Transmisi Satelit Dual-Polarization Menggunakan Metode ICA (Independent Component Analysis) ( Reduction Of Cross-Polarization Effect On Sattelite Transmision In Dual-Polarization Using Independent Component Anal
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FERY BACHTIYAR EFFENDI
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini