Perancangan Pembuatan dan Analisa Sistem Informasi Penyusunan Jadwal Kuliah Berbasis Web Dengan Kecerdasan Buatan

Febi Andriono

Informasi Dasar

111020076
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Penyusunan jadwal kuliah merupakan masalah yang cukup kompleks yang dihadapi oleh suatu perguruan tinggi. Jadwal kuliah yang tersusun harus memperhatikan kepentingan dosen dan mahasiswa serta peraturan yang ada. Jika penyusunan jadwal kuliah dilakukan oleh manusia, akan membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang tidak sedikit. Selain itu juga diperlukan pengalaman yang cukup. Namun demikian, jadwal tersebut tidak jarang belum optimal.
Dalam tugas akhir ini, telah dibuat sistem informasi yang dapat menyusun jadwal kuliah secara otomatis sesuai dengan data-data dan peraturan yang ada. Untuk menyusun jadwal kuliah, dibutuhkan algoritma kecerdasan buatan agar jadwal kuliah yang tersusun bisa optimal. Algoritma yang digunakan adalah rule based system, genetika, dan gabungan keduanya (hybrid).
Data-data dan peraturan yang diterapkan di dalam sistem informasi ini disesuaikan dengan kondisi di STT Telkom.
Analisa yang dilakukan adalah kemampuan masing-masing algoritma dalam menyusun jadwal kuliah, kemampuan sistem informasi dalam menyusun jadwal kuliah dengan tingkat pemakaian ruang yang berbeda-beda dan jam mengajar dosen rata-rata per minggu. Selain analisa-analisa di atas, dilakukan studi kasus registrasi terhadap jadwal kuliah yang telah disusun menggunakan sistem informasi ini. Studi kasus dilakukan di STT Telkom jurusan S1 Teknik Elektro.
Dari analisa dan studi kasus, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi dan jadwal kuliah yang telah disusun, layak untuk diimplementasikan.
Kata Kunci : sistem informasi, pembuatan jadwal kuliah, kecerdasan buatan, ruleABSTRACT: Study timetable compilation is a complex problem that is faced by university. Compiled study timetable should concern on lecturers and students interests, and applied rules. If study timetable is compiled by someone, it would take much time, energy, and thought. Fair experiences are also needed. However, the timetable is not rarely optimum.
In this final assignment, information system that able to compile study timetable automatically according to data and applied rules has been build. To compile study timetable, artificial intelligence algorithm is applied so that compiled timetable would become optimum. Applied algorithms are rule based system, genetic, and both combination (hybrid).
Applied data and rules in the information system are adopted from STT Telkom condition.
Analysis that was done is capability of each algorithm to compile timetable, capability of information system to compile timetable with varied room occupancy level, and average lecturing hours per week. In addition, registration case study of compiled algorithm using the information system has been done. Case study is on STT Telkom S1 department of Teknik Elektro.
According to the analysis, developed information system and compiled timetable is could be implemented properly.Keyword: information system, study timetable compilation, artificial

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Perancangan Pembuatan dan Analisa Sistem Informasi Penyusunan Jadwal Kuliah Berbasis Web Dengan Kecerdasan Buatan
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Febi Andriono
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Agus Virgono
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini