ANALISIS PERBANDINGAN CODEC PADA LAYANAN VOIP DAN VIDEO CONFERENCE BERBASIS PROTOKOL SIP DI JARINGAN LAN STTTELKOM BANDUNG

Muhammad Erward

Informasi Dasar

111020033
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Jaringan LAN (Local Area Network) yang dimiliki STT Telkom saat ini masih kurang optimal pemanfaatannya. Selama ini, kegiatan berinternet maupun intranet menjadi tujuan utama adanya jaringan LAN tersebut. Keberadaan jaringan LAN di kampus STT Telkom ini sangat potensial digunakan sebagai sarana meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar di kampus. Diantaranya dengan Voice over Internet Protokol (VoIP) dan Video Conference yang bisa digunakan sebagai nilai tambah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Untuk itu diperlukan penelitian dan pengembangan aplikasi multimedia melalui jaringan LAN untuk merealisasikan kegiatan tersebut.
Pada Tugas Akhir ini membahas implementasi dari multimedia pada jaringan LAN dikampus STT Telkom. Adapun layanan multimedia yang akan diimplementasikan pada penelitian ini antara lain: Voice over Internet Protocol, dan Video Conference. Juga membandingkan dari sisi Audio Codec (GSM 06.10 dan Speex UWB) dan Video Codec (Ogg Theora dan H.264), sehingga didapatkan protokol codec yang sesuai untuk berjalannya layanan multimedia ini.
Standar protokol komunikasi yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu SIP (Session Initiation Protocol). Membangun jaringan VoIP berbasiskan komponen-komponen SIP relatif lebih mudah, kemudian dari sisi software, mudah diperoleh, status produksinya setara dengan komersil, dan software berlisensi opensource. Dalam penambahan fitur-fitur baru atau berintegrasi dengan layanan lainnya relatif mudah.
Dari hasil penelitian didapatkan sesuai rekomendasi bahwa GSM 06.10 memiliki delay 109 – 130 ms (Good), Jitter 20 – 50 ms (Acceptable), Speex UWB memiliki delay 49 – 68 ms (Good), Jitter 20 – 50 ms (Acceptable). Pada H.264 dan Ogg Theora akan memiliki nilai delay dan jitter yang kurang bagus pada bandwidth rendah.
Adapun hasil dari analisis ini diharapkan mampu memberikan informasi tentang penerapan layanan VoIP dan Video Conference pada jaringan LAN di STT Telkom, serta parameter apa saja yang harus dipenuhi untuk mengimplementasikan layanan tersebut, sehingga tercapai nilai parameter QoS (Quality of Service).
Kata Kunci : LAN, Audio Codec, Video Codec, dan QoS.ABSTRACT: In STT Telkom there is a Local Area Network (LAN) that potentially can be used to increase the study activity, like Voice over Internet Protokol (VoIP) and Video Conference as multimedia services. Because of that we need to make a further research to realize the idea.
The final project are purpose to make implementation research of multimedia services in Local Area Network of STT Telkom.
This final project use SIP (Session Initiation Protocol) as the communication standard protocol. Building VoIP network using SIP much easier, easy to get the software, easy to be implemented, status of the production similar with commercial, and the software have an opensource license. SIP also easy to be upgraded, reliable with new feature to be added, and reliable with other service or application.
Also make comparison between codec, audio codec (GSM 06.10 and Speex UWB) and video codec (Ogg Theora ad H.264), so we can determine the suitable codec that can be implemented in the network. In this research will determine the value of the parameters that needed to know how good this codec in hand to fulfill the QoS (Quality of Service) parameters.
From the analysis the result that GSM 06.10 have a good delay (109 – 130 ms) and an acceptable jitter (20 – 50ms), Speex UWB have a good delay (46 – 68 ms) and an acceptable jitter (20 – 50 ms). In H.264 and Ogg Theora have a poor delay and jitter in low bandwidth.
Keyword: LAN, Audio Codec, Video Codec, and QoS.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN CODEC PADA LAYANAN VOIP DAN VIDEO CONFERENCE BERBASIS PROTOKOL SIP DI JARINGAN LAN STTTELKOM BANDUNG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Muhammad Erward
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Sholekan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini