PERANCANGAN ALGORITMA MODULASI ADAPTIF PADA STANDAR IEEE 802.16e (MOBILE WIMAX) Design of Adaptive Modulation Algorithm for IEEE Standard 802.16e (Mobile WiMAX)

MUH. NUROHMAN NUROHIM

Informasi Dasar

111020009
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Standar IEEE 802.16e merupakan keluarga standar untuk teknologi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) tetapi khusus untuk mobile user dan sangat kompatibel untuk kondisi NLOS (Non – Line Of Sight). Standar WiMAX ini dikembangkan untuk air interface BWA (Broadband Wireless Access) yang bekerja pada band terlisensi pada rentang 2 – 6 GHz. Standar mobile WiMAX ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan dari segi kemampuan melayani user yang bebas bergerak.
Kondisi NLOS dan adanya pergerakan bebas dari user akan mengakibatkan penurunan kualitas layanan dari sistem mobile WiMAX. Salah satu fitur yang dapat diterapkan pada mobile WiMAX untuk mengatasi kondisi tersebut adalah sistem modulasi adaptif. Modulasi adaptif akan menjadikan sistem WiMAX untuk mengatur skema modulasi sinyalnya sesuai dengan kondisi SNR (Signal-to-Noise Ratio) dari lintasan radionya.
Pada tugas akhir ini dirancang sebuah algoritma modulasi adaptif pada kondisi kanal Rayleigh untuk standar IEEE 802.16e. Algoritma ini dikembangkan dari algoritma dasar fixed threshold adaptation yang memakai satu set threshold tertentu untuk proses pengubahan modulasinya. Pada algoritma yang dirancang, digunakan beberapa set threshold berdasarkan kecepatan rata-rata user yang kemudian set-set threshold ini dipakai oleh sistem secara adaptif pula.
Dari hasil simulasi yang dilakukan ternyata didapatkan bahwa algoritma yang dirancang memberikan performansi yang lebih bagus dibandingkan dengan modulasi tetap sekitar 2-13 dB. Selain itu, jika dibandingkan dengan algoritma fixed threshold, algoritma yang dirancang mempunyai target SNR untuk BER 10-3 sebesar 8.7 dB, 13.5 dB dan 19.3 dB untuk kecepatan 3, 30 dan 60 km/jam. Jika ditinjau dari parameter konvergensi, maka algoritma yang dirancang mampu bekerja dengan baik pada kecepatan 3 km/jam ditinjau dari waktu konvergensi sebesar 3.88 ms yang lebih kecil dari coherence time kanal sebesar 43.5 ms.
Kata Kunci : ABSTRACT: IEEE standard 802.16e is a standard of WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) technology that specified to mobile user and it’s very compatible in NLOS (Non - Line Of Sight) condition. This WiMAX standard is developed as an air interface for BWA application that work in licensed band at frequency range 2 – 6 GHz. Mobile WiMAX standard designed for increasing user’s services that support full mobility.
NLOS condition and user’s mobility will degrade Quality Of Service of mobile WiMAX. One of feature that can be integrated to mobile WiMAX is adaptive modulation system. Adaptive modulation will make WiMAX system to adjust its signal modulation schemes depending on SNR condition of radio link.
In this final project, adaptive modulation algorithm is designed in Rayleigh channel condition for IEEE standard 802.16e. This algorithm is developed from basic algorithm, which is fixed threshold adaptation algorithm. This fixed threshold use one set of threshold to change the modulation scheme. Proposed algorithm use a several sets of threshold based on user’s speed and these threshold changed adaptively too.
From simulation results, proposed algorithm give better performance compare with fixed modulation about 2-13 dB. Beside that, other performance of proposed algorithm given at BER target 10-3, has SNR target 8.7 dB, 13.5 dB and 19.3 dB for user’s speed 3, 30 and 60 km/h. If convergence be observed for proposed algorithm, this algorithm can work well at speed 3km/h where convergence time (3.88 ms) smaller than coherence time (43.3 ms).
Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

PERANCANGAN ALGORITMA MODULASI ADAPTIF PADA STANDAR IEEE 802.16e (MOBILE WIMAX) Design of Adaptive Modulation Algorithm for IEEE Standard 802.16e (Mobile WiMAX)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUH. NUROHMAN NUROHIM
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini