ANALISIS DAN IMPLEMENTASI PROTOKOL JSON-RPC DI ATAS WEB 2.0

BADRUS SAID

Informasi Dasar

111010353
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: JSON-RPC adalah suatu protokol yang menyediakan mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program yang berjalan pada suatu komputer menjalankan prosedur atau metode pada sebuah sistem terpisah. Protokol JSON-RPC sering digunakan sebagai data interchage dan Continuation Passing Style (CPS) pada inter process communication lintas platform.
Pada kasus dimana aplikasi OLTP (On-Line Transaction Protocol) dijalankan diatas HTTP menggunakan protokol standar, muncul beberapa kendala seperti:  Alokasi bandwidth dan spesifikasi hardware yang disediakan serta jumlah user merupakan parameter yang sulit untuk di rekayasa dari sudut non-teknis ketika kita berbicara masalah performansi.  Kebutuhan protokol standar ketika kita menginginkan adanya komunikasi antar aplikasi tanpa keluar dari permasalahan pertama.
Dalam tugas akhir ini, penulis mencoba menawarkan solusi untuk kendala diatas dengan melakukan pendekatan menggunakan JSON-RPC sebagai data interchange yang dijalankan diatas web 2.0.
Berdasarkan hasil penelitian, protokol JSON-RPC bisa diimplementasikan di atas Web 2.0 untuk menangani proses request-response secara independen (bahkan untuk melakukan GUI rendering) menggantikan spesifikasi standar.
Secara umum, peningkatan performansi (secara signifikan) terjadi pada parameter data dalam proses request-response. Peningkatan performansi pada parameter waktu respon, JSON-RPC lebih baik dari aplikasi standar meskipun parameter ini cenderung sama dan tidak terlalu besar.Kata Kunci : JSON, RPC, JSON-RPC, CPS, Web 2.0, HTTP.ABSTRACT: JSON-RPC is protocol that provide some mecanism which allowed a communication betwen process in some programs to execute some methods in another process, in separated system. JSON-RPC is widely used as data interchange and Continuation Passing Style (CPS) in cross-platform inter process communication.
JSON-RPC adalah suatu protokol yang menyediakan mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program yang berjalan pada suatu komputer menjalankan prosedur atau metode pada sebuah sistem terpisah. Protokol JSON-RPC sering digunakan sebagai data interchage dan Continuation Passing Style (CPS) pada inter process communication lintas platform.
In a case where the OLTP (On-Line Transaction Protocol) runned a top of HTTP with standard protocol, its raised some problems:  Existing bandwidth allocation, hardware specification and the users is hard to enginered in non-technical views when we talk about performance.  The needed of a standard protocol when we need to provide inter-process communication.
In this final project, the author attempting to give a solutions for problems described above, running JSON-RPC as data interchange a top of Web 2.0.
Generally, performance impovement increase significanly on data parameter on request-response process. Response-time performance improvement in JSON-RPC is higher then the standard.Keyword: JSON, RPC, JSON-RPC, CPS, Web 2.0, HTTP.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI PROTOKOL JSON-RPC DI ATAS WEB 2.0
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BADRUS SAID
Perorangan
Agus Ganda Permana, NUGROHO BUDI P.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini