PENGEMBANGAN JARINGAN CATV DI STT TELKOM UNTUK SISTEM PEMELAJARAN (CATV NETWORK DEVELOPING IN STT TELKOM FOR LEARNING SYSTEM )

Susanto Gumay

Informasi Dasar

111010284
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Suatu sistem pemelajaran dengan menggunakan media telekomunikasi mungkinkan adanya interaksi dua arah antar penggunanya. Jaringan koaksial merupakan salah satu media telekomunikasi yang handal dan real time. Dengan alokasi bandwidth yang cukup besar (sekitar 870 MHz) sangat diharapkan mampu mentransmisikan layanan untuk sistem pemelajaran yang interaktif baik berupa layanan suara , video, dan juga data.
Langkah awal dari perencanaan koaksial dilakukan dengan mendefinisikan ruang lingkup jaringan dan layanan sehinnga dapat diketahui proyeksi jumlah pelanggan, alokasi frekuensi dan bandwidth yang digunakan. Karena layanannya terdiri dari tiga layanan (voice, video, dan data) membutuhkan bandwidth lebar dan transmisi sinyal digital maka dibutuhkan tingkat perfomansi yang lebih tinggi dan stabilitas yang lebih baik. Oleh karena itu perancangan dilakukan dengan mengacu pada standar yang telah ditentukan. Pemilihan perangkat pasif dan penentuan level operasional amplifier menjadi hal yang sangat menentukan.
Jaringan koaksial CATV mampu untuk merealisasikan layanan pemelajaran yang berisikan layanan voice, video, dan data di kampus STT Telkom. Perfomansi dari jaringan koaksial ditentukan oleh faktor level terima minimal pelanggan dalam hal ini kelas–kelas yang ada di STTTelkom. Carier to Noise Ratio (CNR), Composite Triple Beat (CTB), Composite Second Order (CSO) dan Cross Modulation (XMod) yang dihasilkan oleh jaringan yang digunakan. Performansi jaringan sangat baik memenuhi standar yang ditentukan, yaitu diatas 48 dB untuk CNR, dan diatas 54 dB untuk CSO dan CTB, dan 45 dB untuk XMOD.Kata Kunci : ABSTRACT: A learning system by using a telecommunication media, make it enable to interaction in two way direction between the user. Coaxial network is one of telecommunication media that very reliable and real time. With wide frequency allocation (more than 870 MHZ), coaxial network is expected to able to transmit good signal either for voice, video and also data service.
First stage of coaxial network planning is by defining scope of network and service, to estimation of subscriber number, frequency allocation, and bandwidth can be known. Bacause this services contain three service (voice, video and data), really need a wide bandwidth and also digital signal transmision, a great performance and most stabilitation is very needed. Because of that, the architecture of coaxial network must have a standar target that had determined. Election of pasif instrument and choosing amplifier operational level is one that very importan.
CATV coaxial network can realized the learning services that containt of voice, video, and also data in STT Telkom campus. Coaxial network performance is determined by minimum accepted level factor that accepted by subscriber in this case are class in STT Telkom. Carier To Noise Ratio (CNR), Composite Triple Beat (CTB), Composite Second Order (CSO) and Cross Modulation (XMOD) that yielded by used network. Good network performance must fullfilled the standar that had been determine, bigger than 48 dB for CNR, 54 dB for CSO and CTB, and 45 dB for XMOD.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

PENGEMBANGAN JARINGAN CATV DI STT TELKOM UNTUK SISTEM PEMELAJARAN (CATV NETWORK DEVELOPING IN STT TELKOM FOR LEARNING SYSTEM )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Susanto Gumay
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini