Analisa Kapasitas MIMO pada Kanal Fading (MIMO Capacity Analysis in The Fading Channel)

Daisy Dwi Hapsari

Informasi Dasar

111010250
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan terbaru dalam teknologi antena array dan pengolahan sinyalnya adalah sistem transmisi yang disebut dengan MIMO (Multiple-Input Multiple-Output). MIMO menggunakan prinsip multiple antena transmit dan multiple antena receive yang menawarkan perfomansi dan kapasitas sistem yang lebih baik pada kanal multipath fading. Pada MIMO, peningkatan performansi tidak bisa diiringi dengan peningkatan kapasitas. Untuk meningkatkan performansi digunakan teknik diversitas, sedangkan untuk peningkatan kapasitas digunakan spatial multiplexing.
Dalam Tugas Akhir ini, dilakukan analisa pada kapasitas dari sistem MIMO dalam dua kondisi, yaitu tanpa space time coding dan dengan space time coding. Perhitungan kapasitas dengan pendekatan teori Mutual Information. Teknik pengkodean (Space Time Coding) yang digunakan adalah STBC (Space Time Block Code). Kondisi kanal sistem yang digunakan adalah CSIT-R dan CSIR untuk MIMO, CSIT-R dan CSIR untuk MIMO STBC. Selain itu, akan dibandingkan pula kapasitas sistem yang diperoleh pada kanal multipath fading Rayleigh dan Rician.
Dari hasil analisa diperoleh bahwa pada SNR rendah (< 2,5 dB), MIMO dengan kondisi CSIT-R memiliki kapasitas 2 bps/Hz lebih besar dibandingkan kondisi CSIR dan NONCSI. Dalam kondisi ini pula kapasitas MIMO STBC 2 bps/Hz lebih besar dibandingkan MIMO. Pada SNR tinggi (5 dB), MIMO dengan kondisi NONCSI memiliki kapasitas 2 bps/Hz lebih besar dibandingkan kondisi CSIR-T dan CSIR, sedangkan MIMO memiliki kapasitas 8 bps/Hz lebih banyak daripada MIMO STBC.Kata Kunci : MIMO, STBC (Space Time Block Code), CSI (Channel State Information), Mutual Information, Rician, RayleighABSTRACT: MIMO (Multiple-Input Multiple Output) is a new invention in wireless communication technology. This system used multiple antennas transmit and multiple antenna receive which capable to provide better system performance and capacity in multi-path fading channel. In MIMO, the capacity improvement can not accompany by the capacity improvement. To increase the system performance, we can use spatial diversity. On the other hand, to increase the capacity, we can use spatial multiplexing.
Discussed within this final assignment, the capacity from MIMO system in two conditions, without space time coding and with Space Time Block Code (STBC). The capacity calculation used the principal of mutual information. There are several conditions that assumed for channel of the system, CSIT-R and CSIR for MIMO, CSIT-R and CSIR for MIMO STBC. We also compared the capacity over multi-path fading Rayleigh and Rician.
From the simulation results, we conclude that in the low SNR (< 2,5 dB), MIMO CSIT-R has 2 bps/Hz more than CSIR and NONCSI conditions. In this SNR, MIMO STBC has 2 bps/Hz more than MIMO. In the high SNR (5 dB), MIMO NONCSI has 2 bps/Hz more than CSIT-R and CSIR conditions, while MIMO has 8 bps/Hz more than MIMO STBC.Keyword: MIMO, STBC (Space Time Block Code), CSI (Channel State Information), Mutual Information, Rician, Rayleigh

Subjek

other
 

Katalog

Analisa Kapasitas MIMO pada Kanal Fading (MIMO Capacity Analysis in The Fading Channel)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Daisy Dwi Hapsari
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini