Uji performansi penerapan beamforming adaptif Despread Respread Kalman Predictor Multitarget Array (DRKPMTA) dalam peningkatan kapasitas sistem seluler CDMA Performance test of applying of beamforming adaptif Despread Respread Kalman Predictor Multitarget

AGUNG HENDRA GUNAWAN

Informasi Dasar

111010213
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Beamforming adaptif merupakan teknik pada antena array untuk mencapai penerimaan yang maksimal pada satu arah tertentu dengan mengestimasikan sinyal datang dari satu arah yang diinginkan, sementara sinyal dengan frekuensi yang sama dari arah yang lainnya sebisa mungkin ditolak. Hal ini tercapai oleh variasi pembobotan dari masing-masing antena yang digunakan dalam bentuk array. Dalam beamforming adaptif, terdapat pembobotan optimal yang merupakan perhitungan iteratif dengan menggunakan suatu algoritma yang kompleks berdasarkan kriteria yang tertentu.
Suatu algoritma beamforming adaptif dengan bantuan filter Kalman disusun dengan menggunakan teknik despread-respread pada DS-CDMA, dimana sinyal hasil respreading nantinya merupakan sinyal referensi untuk menentukan estimasi sinyal user yang diinginkan dengan menggunakan estimator filter Kalman. Sebelumnya filter Kalman melakukan observasi temporal terhadap besaran redaman dan penguatan pada sistem CDMA Hasil dari observasi tersebut selanjutnya digunakan sebagai estimator untuk menentukan besarnya nilai redaman dan penguatan pada kondisi yang akan terjadi selanjutnya.
Filter Kalman merupakan salah satu metode estimasi yang didasarkan pada pengukuran derau. Tahapan Filter Kalman yang terdiri dari prediksi dan koreksi menjadikan filter Kalman sebagai salah satu metode estimasi yang cukup handal. Sasaran dari tugas akhir ini adalah menunjukkan kinerja algoritma Despread- Respread Kalman Predictor Multitarget Array (DRKPMTA) dalam menaikkan kapasitas sistem baik pada kanal AWGN maupun pada kanal Rayleigh fading dengan metode Jakes.
Kata Kunci : Beamforming adaptif, Despread-Respread, Multitarget, FilterABSTRACT: Adaptive beamforming is a technique in at array antenna for reaching maximal acceptance at certain one way with estimating signal coming from the wanted is one way, while signal with same frequency from other direction can possibly refused. This thing reached by various weight’s from each antenna which applied in the form of array. In adaptive beamforming, there are optimal weight which is calculation iterative clustering by using an complex algorithm based on certain criterion.
An algorithm adaptive beamforming constructively filter Kalman compiled by using technique in despread-respread at DS-CDMA, where result of respreading signal later is reference signal for determining signal estimation user which wanted by using estimator filter Kalman. Before all Kalman Filter does the temporal observation in interference and CDMA system gain. Hence the observation is used as the estimator to measure the interference and the gain values in the next condition
Filter Kalman is one of estimation method which based on measurement of noise. Filter step Kalman consisting of prediction and correcting to make filter Kalman as one of method estimating who enough relying.
Target from this final project is show performance of algorithm Despread- Respread Kalman Predictor Multitarget Array (DRKPMTA) in boosting up system capacities at AWGN channel and Rayleigh fading channel with Jakes method.
Keyword: Beamforming adaptive, Despread-Respread, Multitarget, Filter

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Uji performansi penerapan beamforming adaptif Despread Respread Kalman Predictor Multitarget Array (DRKPMTA) dalam peningkatan kapasitas sistem seluler CDMA Performance test of applying of beamforming adaptif Despread Respread Kalman Predictor Multitarget
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNG HENDRA GUNAWAN
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Nachwan Mufti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini