ANALISA DAN PERENCANAAN KEBUTUHAN FASILITAS TELEKOMUNIKASI DI PT KERTAS LECES (PERSERO)

DODY ARYSANTO MAHA

Informasi Dasar

111010190
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dunia teknologi komunikasi informasi di Indonesia sekarang ini memasuki babak baru dengan kehadiran teknologi-teknologi baru. Perkembangan teknologi baru ini diharapkan mampu mengakomodasi berbagai macam layanan, seperti trafik suara, faksimili, data, dan multimedia ke dalam suatu jaringan tunggal bersifat multiguna. Penggunaan kanal komunikasi lebih efisien, efisiensi bandwidth yang tinggi, murahnya ownership cost jaringan secara jangka panjang dan kemampuan mengimplementasikan aplikasi voice-enable baru dan canggih merupakan faktor – faktor dari kelebihan layanan telekomunikasi saat ini.
Jaringan telekomunikasi di PT Kertas Leces (Persero) saat ini mengandung beberapa kelemahan seperti kapasitas yang sudah tidak memadai, manajemen jaringan yang buruk serta terjadi gangguan pada komponen switching yang notabene sudah tidak diproduksi lagi.
Langkah-langkah yang dilakukan dalam perencanaan ini meliputi dua proses yaitu menganalisa dan mengevaluasi perangkat jaringan telekomunikasi yang saat ini digunakan, apakah masih sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Langkah berikutnya adalah memberikan solusi dengan merencanakan instalasi jaringan telekomunikasi baru yang memenuhi kualitas dengan biaya yang feasible.
Untuk melengkapi perencanaan dan untuk memecahkan permasalahan yang ada pada tugas akhir ini, penulis menggunakan data - data perangkat dan jaringan yang diperoleh dari PT Kertas Leces (Persero) yang masih menggunakan jaringan PBX konvensional.
Hasil yang diharapkan dari penulisan tugas akhir ini adalah diperoleh suatu perencanaan jaringan telekomunikasi yang optimal, baik dari segi perangkat jaringan yang digunakan maupun dari segi trafik komunikasi dan manajemen jaringan di PT Kertas Leces (Persero).Kata Kunci : -ABSTRACT: Internet Protocol (IP) technology bring development for telecommunication technology in indonesia. With IP technology, it can accomodate full of service rate such as voice, faximille, data and multimedia on one multifunction network. Lot’s of advantage that’s can take from IP network such as more efficiency usage channel, highest efficiency bandwidth, ownership cost network more cheaper and capable for application new voice enable. That’s way, lots of users use internet protocol private branch exchange (IP PBX) --which base on packet switch-.
IP PABX can handle the weakness of conventional PABX - which base on circuit switch – such as limited bandwidth for multimedia and limited convergence with data packet network. That’s way need good network planning for IP PABX so it can optimaze as needed. PABX network on PT Kertas Leces (PTKL) has lot’s of weakness such as limited capacity, terrible network management and there are view of component and spare part are broken and cannot be fix and replace because out of produced.
The result’s from this final task are good IP PABX network planning, IP PABX tool’s and better network management for the communication traffic of IP PABX on PTKL.Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISA DAN PERENCANAAN KEBUTUHAN FASILITAS TELEKOMUNIKASI DI PT KERTAS LECES (PERSERO)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DODY ARYSANTO MAHA
Perorangan
Asep Mulyana, SIHTJATURIMAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini