RANCANG BANGUN ANTENA MICROSTRIP DUAL-BAND PADA FREKUENSI KERJA 1,8 GHz DAN 2,4 GHz DESIGN AND REALIZATION OF DUAL-BAND MICROSTRIP ANTENNA AT OPERATION FREQUENCY 1.8 GHz AND 2.4 GHz

ADHI FIRNADI

Informasi Dasar

111010176
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena miscrostrip merupakan antena dengan ukuran yang sangat kompak, sehingga bisa didesain untuk keperluan komunikasi pada sistem yang menyediakan tempat terbatas.
Intelligent Transport System (ITS) merupakan salah satu aplikasi layanan komunikasi bergerak pada kendaraan, yang didalamnya terdapat berbagai macam layanan komunikasi. Faktanya ruang pada kendaraan sangatlah terbatas untuk menyimpan antena untuk masing-masing layanan (GPS, komunikasi selular, dll), oleh sebab itu dibutuhkan antena yang bisa bekerja pada berbagai frekuensi operasi dari alat-alat tersebut.
Pada Tugas Akhir ini dijelaskan desain dan realisasi antena microstrip dual-band pada daerah kerja 1,8 GHz dan 2,4 GHz menggunakan bahan dielektrik Duroid 5880. Desain dan realisasi dari antena tersebut yaitu dengan menempatkan antena microstrip sirkular untuk frekuensi kerja 2,4 GHz, pada tengah-tengah antena microstrip jenis annular-ring untuk frekuensi kerja 1,8 GHz, sehingga selain didapat ukuran yang kompak, juga bisa bekerja pada dua frekuensi operasi. Metode pemodelan yang digunakan adalah resonator rongga (magnetic cavity resonator).
Bandwitdh yang terukur pada VSWR 2:1 sebesar 13,6 MHz untuk antena 1,8 GHz dan 17,62 MHz untuk antena 2,4 GHz. Impedansi input untuk antena 1,8 GHz ialah 56,27-j6,250 Ω, dan 37,99+j3,003 Ω untuk antena 2,4 GHz. Polarisasi antena ialah polarisasi linier horizontal. Gain yang dicapai untuk masing-masing antena ialah sebesar 4,622 dB dan 0,957 dB.Kata Kunci : ABSTRACT: Microstrip antenna is an antenna which has a compact size, is designed for communication system which has a limitation for placing.
Intelligent Transport System (ITS) is one of services in mobile communication for vehicle which in it has many kind of communication services. In fact, there is a limited space in vehicle to put antenna for each service (i.e. GPS, wireless communication, etc), so it is needed to have an antenna to be able to work for those devices frequency.
Discussed within this final assignment, the design and realization of microstrip dual-band antenna to operate in 1.8 GHz and 2.4 GHz using dielectric material Duroid 5880. The design and realization of this antenna by locating circular micro strip antenna for 2.4 GHz operation frequency, inserted annular-ring microstrip antenna in the middle of the design for 1.8 GHz operation frequency, so that in addition to it has compact size and it is also able to work in two operation frequency. Modeling method using magnetic cavity resonator.
Bandwidth in VSWR 2:1 is 13.6 MHz for 1.8 GHz antenna and 17.62 for 2.4 GHz antenna. Antenna polarization is linear horizontal polarization. Input impedance for 1.8 GHz antenna is 56.27-j6.250 Ω and 37.99+j3.003 Ω for 2.4 GHz antenna. Gain for each antenna is 4.622 dB and 0.957 dB.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

RANCANG BANGUN ANTENA MICROSTRIP DUAL-BAND PADA FREKUENSI KERJA 1,8 GHz DAN 2,4 GHz DESIGN AND REALIZATION OF DUAL-BAND MICROSTRIP ANTENNA AT OPERATION FREQUENCY 1.8 GHz AND 2.4 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADHI FIRNADI
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini