PERENCANAAN JARINGAN IP PABX DI STT TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) IP PABX NETWORK PLANNING USING GIS ON STT TELKOM AREA

ANDY IRWANTO HANDOYO

Informasi Dasar

111010171
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dunia teknologi komunikasi informasi di Indonesia sekarang ini memasuki babak baru dengan kehadiran teknologi IP ( Internet Protocol ). Perkembangan teknologi IP diharapkan mampu mengakomodasi berbagai macam layanan trafik suara, faksimili, data, dan multimedia ke dalam suatu jaringan tunggal bersifat multiguna. Penggunaan kanal komunikasi lebih efisien, efisiensi bandwidth yang tinggi, murahnya ownership cost jaringan secara jangka panjang dan kemampuan mengimplementasikan aplikasi voice-enable baru dan canggih merupakan faktor – faktor dari kelebihan jaringan IP. Hal-hal inilah yang kemudian memicu minat kalangan dunia usaha terhadap penggunaan teknologi Internet Protocol Private Branch Exchange ( IP PBX ) yang berbasiskan packet switch.
Dengan adanya IP PBX dapat mengatasi keterbatasan yang dimiliki oleh PBX konvensional yang berbasiskan circuit switch, seperti halnya keterbatasan dalam melayani layanan multimedia serta kemampuan adaptasi dengan jaringan packet data. Untuk itu dalam penerapan jaringan IP PBX diperlukan perencanaan yang sangat matang sehingga dapat menghasilkan jaringan yang optimal sesuai dengan kebutuhan. Jaringan PBX di STT Telkom saat ini mengandung beberapa kelemahan seperti kapasitas yang sudah tidak memadai, manajemen jaringan yang buruk serta terjadi gangguan pada komponen switching yang notabene sudah tidak diproduksi lagi.
Pada tugas akhir ini akan dibuat perencanaan jaringan IP PBX di STT Telkom dengan menggunakan software aplikasi GIS ( Geographic Information System ). Langkah-langkah yang dilakukan dalam perencanaan ini meliputi dua proses yaitu pendimensian perangkat dan pemodelan trafik jaringan IP PBX untuk beberapa tahun ke depan dengan bantuan software aplikasi GIS ( Geographic Information System ). Untuk melengkapi perencanaan dan untuk memecahkan permasalahan yang ada pada tugas akhir ini, penulis menggunakan data - data jaringan yang diperoleh dari STT Telkom Bandung yang masih menggunakan jaringan PBX konvensional.
Hasil yang diharapkan dari penulisan tugas akhir ini adalah diperoleh suatu perencanaan jaringan IP PBX yang optimal baik dari segi perangkat jaringan yang digunakan maupun dari segi trafik komunikasi dan manajemen jaringan IP PBX di STT Telkom.Kata Kunci : ABSTRACT: Internet Protocol (IP) technology bring development for telecommunication technology in indonesia. With IP technology, it can accomodate full of service rate such as voice, faximille, data and multimedia on one multifunction network. Lot’s of advantage that’s can take from IP network such as more efficiency usage channel, highest efficiency bandwidth, ownership cost network more cheaper and capable for application new voice enable. That’s way, lots of users use internet protocol private branch exchange (IP PBX) --which base on packet switch-. IP PBX can handle the weakness of conventional PABX - which base on circuit switch – such as limited bandwidth for multimedia and limited convergence with data packet network. That’s way need good network planning for IP PABX so it can optimaze as needed. PABX network on STT Telkom has lot’s of weakness such as limited capacity, terrible network management and there are view of component and spare part are broken and cannot be fix and replace because out of produced.
In this final task, take topics about IP PABX Network Planning using GIS (Geographic Information System) on STT Telkom area. There are two steps which is IP PABX tools dimentioning and IP PABX network traffic’s modelling for the next view years using GIS application. To solve the problem on this final task, the writers use data from PABX network of STT Telkom Bandung.
The result’s from this final task are good IP PABX network planning, IP PABX tool’s and better network management for the communication traffic of IP PABX on STT Telkom.Keyword:

Subjek

other
 

Katalog

PERENCANAAN JARINGAN IP PABX DI STT TELKOM DENGAN MENGGUNAKAN GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (GIS) IP PABX NETWORK PLANNING USING GIS ON STT TELKOM AREA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDY IRWANTO HANDOYO
Perorangan
-
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2006

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini